| |

Apa Sih MHz Itu? Begini Penjelasan Sederhananya

MHz boleh dibilang sebagai kependekan dari megahertz. Itu berarti satu juta siklus per detik, atau satu juta hertz (106 Hz). Unit pengukuran frekuensi ini berasal dari Sistem Satuan Internasional, dan dalam komputasi digunakan untuk menunjukkan kecepatan pergerakan data di dalam dan di antara komponen.

Ketika SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) diperkenalkan pada akhir 1990-an, kecepatan transfer data diukur secara sinkron dengan clock motherboard, dengan transfer data terjadi di tepi siklus clock yang meningkat. Contoh, saat mengukur kinerja untuk memori SDRAM, 100MHz menunjukkan transfer data 100 x 106 per siklus clock.

Pada awal 2000-an, memori SDRAM DDR (Double Data Rate) diperkenalkan. Teknologi memori ini menggandakan jumlah transfer data per siklus clock, dengan transfer terjadi pada tepi naik dan turun siklus.

Namun unit pengukuran tidak berubah. Dengan kecepatan clock 100MHz, DDR menggandakan kecepatan data efektif pada 200 juta transfer data dengan setiap siklus clock. Deskripsi baru yang lebih akurat sudah lama tertunda.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments