| |

Chip Intel Arrow Lake-S Siap Targetkan Laptop Gaming

Saat Intel bersiap untuk peluncuran prosesor Lunar Lake dan Arrow Lake yang akan datang, perusahaan juga bersiap untuk memperkenalkan jajaran prosesor baru berperforma tinggi untuk laptop gaming. Perkembangan terkini menunjukkan Intel mengadaptasi chip Arrow Lake-S kelas desktop untuk digunakan pada notebook berperforma sangat tinggi.

Cek juga: Kingston Luncurkan Memori Kit FURY Renegade RGB Limited Edition DDR5

Spekulasi dimulai ketika pengguna Twitter @InstLatX64 menemukan Intel sedang menguji motherboard berlabel “Arrow Lake Client Platform/ARL-S BGA SODIMM 2DPC”, yang mengisyaratkan kemungkinan Intel mengintegrasikan hingga 24 core ke dalam prosesor laptop. Ini adalah delapan core lebih banyak dari 16 core yang diharapkan dalam chip seluler standar Arrow Lake-H.

Chip Intel Arrow Lake-S Siap Targetkan Laptop Gaming

Dengan memanfaatkan potensi penuh silikon Arrow Lake-S dalam faktor bentuk mobile, Intel bertujuan untuk menghadirkan kinerja kelas desktop ke notebook kelas atas. Chip yang bocor tersebut diharapkan menampilkan delapan P-core Lion Cove berperforma tinggi dan 16 Skymont E-core hemat energi, disertai dengan GPU Xe2 terintegrasi. Konfigurasi yang kuat ini dapat memberikan kinerja yang diperlukan untuk game yang menuntut dan aplikasi profesional, semuanya dalam perangkat portabel.

Mengimplementasikan perangkat keras sekuat itu di laptop bukannya tanpa tantangan. Prosesor tersebut diperkirakan memiliki TDP (Thermal Design Power) sebesar 45 W atau 55 W, namun konsumsi daya sebenarnya mungkin melebihi angka tersebut untuk mempertahankan kecepatan clock yang tinggi.

Artinya kesuksesan tidak hanya bergantung pada desain chip Intel tetapi juga pada solusi pendinginan dan sistem penyaluran daya yang dikembangkan oleh produsen laptop. Pendinginan dan manajemen daya yang efisien akan sangat penting untuk memastikan chip berkinerja tinggi ini dapat beroperasi secara efektif dalam batasan termal laptop.

Meskipun detail spesifik tentang kecepatan clock dan metrik kinerja masih dirahasiakan, chip pengujian yang muncul menunjukkan frekuensi dasar 3,0 GHz. Khususnya, ia tidak memiliki dukungan untuk AVX-512, sebuah fitur yang sering digunakan untuk mempercepat komputasi yang kompleks. Meskipun demikian, kombinasi core berkinerja tinggi dan hemat energi menunjukkan potensi yang signifikan untuk kasus penggunaan gaming dan profesional.

Dorongan Intel untuk menghadirkan kinerja tingkat desktop ke laptop dapat mendefinisikan kembali kemampuan notebook gaming. Jika berhasil, chip Arrow Lake-S dalam bentuk mobile dapat menawarkan kekuatan dan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya kepada para gamer dan profesional saat bepergian.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments