|

Harga VGA Makin Menggila, Turun Jauh Di Bawah MSRP

Harga VGA kini semakin terjangkau, bahkan jauh dibawah MSRP (Manufacturer’s suggested retail price). Beberapa GPU unggulan kini bisa dinikmati enggak hanya mereka yang punya budget tinggi, tapi gamer kere hore juga boleh ikut serta.

Sebagai contoh, barisan GPU AMD Radeon 6000 series kelas menengah kebawah punya andil yang sangat besar dengan pemotongan harga bahkan hingga jutaan.

Cek juga : Ryzen 7000 Series : Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Upgrade

Seperti yang dialami Radeon RX 6600, entah seri XT maupun standar. Bulan lalu kami sempat melihat harga masih diangka 5 jutaan, khususnya untuk non XT. Sedangkan untuk seri XT masih berkisar antara 6 sd 7 jutaan.

Nilai tersebut sebenarnya masih hitungan MSRP standar pas dirilis. Namun sekarang, kalian bisa melihat angka yang jauh lebih signfikan turunnya. Contoh, ASRock Radeon RX 6600 Challenger D kini bergeser ke angka sekitar 3.9 jutaan. Sedangkan seri XFX RX 6600 XT punya nilai di angka sekitar 4.9 jutaan.

Harga VGA Makin Menggila, Turun Jauh Di Bawah MSRP

Barisan GPU NVIDIA RTX 30 series juga punya penurunan yang hampir sama, meskipun enggak signifikan banget seperti AMD. RTX 3050 series kini bisa didapatkan di angka sekitar 4 jutaan, sedangkan RTX 3060 kini bergerak ke angka 5 sd 6 jutaan.

Pilihan high-end juga berlaku sama. RTX 3080 seri premium seperti AORUS Master bisa didapatkan di angka 15 jutaan. Itu berarti merk non premium atau GPU dibawahnya bisa berada dibawah harga normal.

Radeon RX 6800 XT dari XFX juga bergerak ke angka sekitar 12 jutaan, sesuatu yang belum pernah terjadi. Saat dirilis angkanya bisa di atas 20 jutaan. Dan RX 6900 XT kini punya harga sekitar 16 sd 19 jutaan. Pilihan yang terhitung jauh lebih rendah dibanding pesaing, padahal GPU ini masih kompetitif melawan RTX 3090.

Harga pada dasarnya relatif dan bisa berbeda dari setiap penjual, namun indikasi penurunan sangat kuat. Terlebih lagi, kabar global mengenai stok yang semakin melambung tinggi menjadi salah satu penyebabnya. Disisi lain, dua produsen antara AMD maupun NVIDIA berencana akan merilis GPU generasi berikutnya, jadi stok lama sebisa mungkin perlu dikeluarkan dengan cepat.

Dan apa yang bisa membuat buruk, kelebihan stok juga terjadi karena inflasi dimana lebih banyak orang lebih sekarang tidak melihat prioritas utama urusan ini. Mereka lebih efisiensi dalam pengeluaran.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments