| |

MSI Umumkan Motherboard Yang Dukung Memori CAMM2

MSI telah bermitra dengan Kingston untuk mengungkap apa yang diyakini sebagai motherboard desktop Z790 pertama di dunia yang mendukung standar memori CAMM2. Inovasi ini menandai langkah maju yang signifikan dalam desain memori, yang secara tradisional dianggap terbatas pada laptop.

Cek juga: ASUS Umumkan Monitor Gaming WOLED Pertama Di Dunia

Standar memori CAMM2 diterbitkan oleh JEDEC, badan standar industri untuk standar memori, pada bulan Desember 2023. Standar baru ini dengan cepat diadopsi oleh Micron, yang mengumumkan modul CAMM2 pertama pada bulan Januari 2024. Pada bulan April, Micron dan Lenovo telah memperkenalkan modul CAMM2. laptop pertama yang menggunakan memori LPCAMM2.

Project Zero Plus Z790 Inovatif dari MSI

Motherboard baru MSI, yang dijuluki Z790 Project Zero Plus, mengintegrasikan standar memori CAMM2, menandai debutnya di ruang desktop. Motherboard ini dilengkapi PCB hitam ramping dengan aksen perak, menggantikan slot DDR5 konvensional dengan modul CAMM2 tunggal. Modul yang dipamerkan adalah prototipe Kingston Fury Impact DDR5 CAMM2.

MSI Umumkan Motherboard Yang Dukung Memori CAMM2

Standar memori CAMM2 menawarkan ukuran kompak dan profil tipis, yang menguntungkan untuk laptop karena penghematan ruang yang signifikan—64% dibandingkan SODIMM DDR5 tradisional. Meskipun desktop, terutama yang lebih besar, tidak menghadapi kendala ruang yang sama, sistem faktor bentuk kecil (SFF) bisa mendapatkan keuntungan dari pengurangan jejak kaki dan peningkatan manajemen kabel yang disediakan oleh modul CAMM2.

Z790 Project Zero Plus adalah bagian dari seri Project Zero MSI, yang memindahkan sebagian besar konektor ke bagian belakang motherboard. Desain ini tidak hanya meningkatkan manajemen kabel dan estetika tetapi juga meningkatkan aliran udara di dalam casing, asalkan casing mendukung sambungan belakang.

Antisipasi Computex 2024

Teaser MSI yang dibagikan di media sosial menyertakan tagar #MSIxComputex2024 yang menandakan bahwa motherboard tersebut akan dipamerkan di Computex 2024 di Taipei. Pameran ini akan memberikan kesempatan bagi para penggemar dan profesional industri untuk melihat papan inovatif dan memori CAMM2 beraksi.

Penerapan CAMM2 pada sistem desktop menimbulkan pertanyaan tentang potensi masa depannya di dunia PC. Menurut Tom’s Hardware, memori Kingston CAMM2 saat ini beroperasi pada kecepatan JEDEC DDR5 dan belum menggunakan LPDDR5X. Jika CAMM2 terbukti populer di kalangan penggemar, kita mungkin akan melihat varian LPDDR5X di masa depan.

Pengenalan Z790 Project Zero Plus dengan memori CAMM2 oleh MSI dan Kingston dapat menandakan perubahan dalam desain memori desktop, yang menekankan kekompakan dan efisiensi.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments