| |

MSI Ungkap Aksesori SSD Hot-Swap M.2 yang Inovatif di Computex

MSI memperkenalkan aksesori penyimpanan inovatif yang dirancang untuk menyederhanakan proses pertukaran SSD M.2. Xpander-Aero Slider Gen5, yang diluncurkan di Computex, adalah kartu ekspansi PCIe-ke-M.2 slot ganda yang memungkinkan pengguna melakukan hot-swap SSD M.2 tanpa membuka PC mereka.

Kartu inovatif ini, yang lebih menyerupai kartu grafis daripada aksesori penyimpanan tradisional, mendukung hingga dua drive PCIe Gen5 M.2 22110 dan dilengkapi panel I/O belakang yang nyaman untuk memudahkan pemasangan dan pelepasan drive.

Cek juga: Arm Diklaim Siap Dominasi Pasar PC Windows Di tahun 2029

Fitur dan Manfaat Utama

Fitur paling menonjol dari M.2 Xpander-Aero Slider Gen5 adalah kemampuan hot-swappable-nya. Pengguna dapat memasukkan dan mengeluarkan SSD melalui panel I/O belakang kartu, sehingga tidak perlu membuka casing PC dan melepas penutup heatsink.

Deskripsi produk MSI menyoroti kipas pendingin Aero besar yang terintegrasi ke dalam kartu. Kipas ini dapat mendeteksi apakah SSD dipasang dan menyesuaikan kecepatannya untuk mencegah pelambatan termal, yang merupakan masalah umum pada SSD PCIe Gen5 berperforma tinggi.

Terdapat juga sakelar kipas hidup/mati manual untuk pengguna yang menginginkan kontrol lebih besar, terutama saat menggunakan SSD Gen3 atau Gen4 yang lebih lambat dan menghasilkan lebih sedikit panas.

Meskipun menjangkau bagian belakang mesin untuk menukar drive mungkin terasa merepotkan, namun cara ini masih lebih mudah diakses dibandingkan metode tradisional. Penutup eksternal adalah alternatif lain, namun sering kali memiliki keterbatasannya sendiri, menjadikan solusi MSI sebagai pilihan unik dan praktis bagi banyak pengguna.

Prospek Masa Depan

Hingga saat ini, MSI belum memberikan detail ketersediaan spesifik untuk M.2 Xpander-Aero Slider Gen5. Produk ini disebutkan secara singkat dalam ringkasan Computex MSI, dan informasi lebih lanjut belum dapat ditemukan di situs resmi MSI. Menurut laporan dari KitGuru, kartu ekspansi inovatif ini akan dibundel dengan motherboard MEG kelas atas di masa depan.

Konsep SSD M.2 geser MSI dapat merevolusi cara peningkatan dan pemeliharaan penyimpanan dilakukan. Jika konsep ini mendapatkan daya tarik, hal ini mungkin akan menginspirasi desain motherboard masa depan yang mengintegrasikan slot ekspansi geser M.2 langsung ke panel I/O belakang, sehingga menawarkan kenyamanan yang lebih besar bagi pengguna.

M.2 Xpander-Aero Slider Gen5 MSI mewakili langkah maju yang signifikan dalam teknologi penyimpanan, memberikan solusi praktis dan efisien bagi pengguna yang sering menukar SSD.

rincian mengenai ketersediaannya masih tertunda, potensi dampak produk ini di pasar bisa sangat besar, terutama jika MSI memutuskan untuk menyediakannya di luar paket motherboard. Bagi para penggemar teknologi dan profesional, aksesori inovatif ini dapat menjadi alat penting untuk mengelola kebutuhan penyimpanan berkinerja tinggi.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments