|

AMD Umumkan Ryzen 8000F di Beijing AI PC Innovation Summit

Pada AI PC Innovation Summit di Beijing baru-baru ini yang diselenggarakan oleh AMD, sorotan awalnya tertuju pada peluncuran seri mobile “Hawk Point” Ryzen 8040 dan prosesor desktop 8000G, bersamaan dengan sekilas menarik tentang prosesor “Strix Point” yang akan datang.

Cek juga: NVIDIA Bakal Perkenalkan Standar Memori GDDR7 Di GPU RTX 50 “Blackwell”

Namun, postingan media sosial oleh HXL/9550pro telah menarik perhatian pada hal yang kurang diketahui: pengenalan CPU Ryzen 8000F baru yang ramah anggaran, yang akan eksklusif tersedia untuk pasar Tiongkok.

AMD Umumkan Ryzen 8000F di Beijing AI PC Innovation Summit

Peluncuran SKU baru ini, khususnya Ryzen 7 8700F dan Ryzen 5 8400F, dilakukan secara halus, dengan sedikit detail yang diberikan selama presentasi. Hal ini menyebabkan wartawan dan pakar industri terlibat dalam permainan spekulatif mengenai spesifikasi teknis prosesor ini.

Menurut wawasan yang dikumpulkan dari para pakar industri, Ryzen 7 8700F tampaknya merupakan varian tanpa iGPU dari APU AMD “Hawk Point” Ryzen 7 8700G. Dengan tetap mempertahankan konfigurasi 8-core dan 16-thread yang sama, solusi grafis terintegrasi Radeon 780M dihilangkan, sehingga berpotensi menawarkan opsi hemat biaya bagi pengguna yang memprioritaskan kinerja CPU dibandingkan kemampuan grafis terintegrasi.

AMD Umumkan Ryzen 8000F di Beijing AI PC Innovation Summit

Sebaliknya, Ryzen 5 8400F menghadirkan proposisi yang lebih misterius. Dengan minimnya informasi yang diberikan oleh AMD, para pecinta teknologi dibiarkan menebak-nebak mengenai spesifikasinya. VideoCardz, sebuah publikasi teknologi terkemuka, berspekulasi bahwa Ryzen 5 8400F dapat menampilkan 6 core dan 12 thread, yang berpotensi menggabungkan campuran core Zen 4 dan Zen 4c. Namun, rincian konkritnya masih sulit dipahami, sehingga menyisakan ruang untuk spekulasi dan antisipasi lebih lanjut.

Akhiran “F”, yang sebelumnya dikaitkan dengan CPU AMD Ryzen 5 7500F, mendapat pengakuan tahun lalu sebagai varian tanpa iGPU dari SKU “Raphael” Zen 4, awalnya eksklusif untuk pasar Tiongkok sebelum kemudian diperluas ke pasar Barat sebagai opsi untuk integrator sistem.

Ketika pasar sangat menantikan informasi lebih lanjut mengenai seri Ryzen 8000F, peluncuran CPU ramah anggaran ini menggarisbawahi komitmen AMD untuk memenuhi beragam kebutuhan konsumen dan memperluas portofolio produknya untuk menangani berbagai segmen pasar.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments