|

AMD Zen 5 Dikabarkan Bawa Peningkatan Kinerja Hingga 40%

CPU berbasis Zen 5 AMD yang akan datang untuk aplikasi klien dan server telah menjadi subyek banyak antisipasi dan spekulasi sejak CEO Dr. Lisa Su mengonfirmasi peluncurannya pada paruh kedua tahun 2024 awal tahun ini.

Kebocoran terbaru telah memberikan beberapa wawasan tentang arsitektur inti baru, dan rumor baru dari pembocor perangkat keras terkemuka @Kepler_L2 menunjukkan bahwa Zen 5 dapat mewakili lompatan maju yang signifikan dibandingkan dengan Zen 4.

Cek juga: Dead Island 2 Tiba di Steam dengan Ekspansi Eksplosif: SoLA

Menurut postingan @Kepler_L2 di forum AnandTech, inti Zen 5 konon siap memberikan peningkatan kinerja yang substansial dibandingkan rekan-rekan Zen 4 mereka. Mengutip tes benchmark SPEC, rumor menunjukkan bahwa core Zen 5 bisa lebih cepat 40 persen dibandingkan Zen 4, sehingga berpotensi menjadikan CPU AMD generasi berikutnya sebagai peningkatan yang menarik bagi pengguna yang mencari peningkatan kinerja.

Namun, penting untuk diingat bahwa spesifikasi perbaikan ini masih belum jelas. @Kepler_L2 tidak menentukan apakah angka yang dilaporkan didasarkan pada metrik integer atau floating-point, yang dapat memengaruhi peningkatan performa di berbagai jenis beban kerja. Selain itu, masih belum pasti apakah peningkatan tersebut mewakili angka rata-rata atau merupakan potensi peningkatan maksimum.

AMD Zen 5 Dikabarkan Bawa Peningkatan Kinerja Hingga 40%

Seperti rumor lainnya, disarankan untuk mendekati informasi ini dengan hati-hati sampai konfirmasi resmi diberikan oleh AMD. Namun demikian, prospek lompatan kinerja yang signifikan telah memicu kegembiraan di kalangan para penggemar yang menantikan kedatangan CPU Zen 5.

Arsitektur inti Zen 5 diharapkan dapat memberi daya pada berbagai jajaran CPU di tahun-tahun mendatang, termasuk prosesor desktop Granite Ridge yang dikabarkan akan debut pada tahun 2024 sebagai bagian dari seri Ryzen 9000. Selain itu, Zen 5 diperkirakan akan ditampilkan di APU Strix Point, CPU laptop Fire Range, dan APU andalan Strix Halo, dengan rilis dijadwalkan pada tahun 2024 dan 2025.

Untuk aplikasi server, AMD akan memasukkan inti Zen 5 “Nirvana” dan 5C “Prometheus” ke dalam prosesor server EPYC generasi berikutnya, yang dijadwalkan untuk dirilis pada akhir tahun 2024. Chip ini, yang dilaporkan diproduksi pada proses 3nm TSMC, diharapkan menawarkan peningkatan kinerja dan peningkatan efisiensi yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

AMD secara resmi menyatakan bahwa Zen 5 akan menghadirkan beberapa peningkatan dibandingkan Zen 4, termasuk peningkatan kinerja, efisiensi, front-end yang disalurkan ulang, serta optimalisasi AI dan pembelajaran mesin terintegrasi. Dengan antisipasi yang semakin meningkat untuk kedatangan CPU Zen 5, para penggemar menantikan detail lebih lanjut dan konfirmasi resmi dari AMD dalam beberapa bulan mendatang.

Similar Posts

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments