|

Dukungan Windows 10 Kabarnya Bakal Berakhir Di Tahun 2025

Microsoft telah secara resmi menyatakan bahwa Windows 10, sistem operasi PC yang banyak digunakan, akan mencapai akhir dukungannya (EOS) pada 14 Oktober 2025. Pengumuman penting ini berdampak pada jutaan pengguna di seluruh dunia, karena Microsoft akan menghentikan pembaruan keamanan rutin, termasuk rilis “patch-Selasa” yang sudah dikenal.

Cek juga : Panduan Memilih Casing Mid-Tower vs Micro ATX

Detail Akhir Dukungan

Mulai tanggal yang ditentukan, Microsoft akan menghentikan pengiriman pembaruan keamanan rutin untuk edisi klien Windows 10. Penting untuk dicatat bahwa keputusan ini tidak berdampak pada Windows 10 Enterprise LTSC (saluran layanan jangka panjang) atau versi khusus yang dirancang untuk organisasi besar dan entitas pemerintah.

Dukungan Windows 10 Kabarnya Bakal Berakhir Di Tahun 2025

Untuk mengatasi masalah keamanan, Microsoft menawarkan program Extended Security Update (ESU) untuk organisasi yang mengandalkan edisi klien seperti Windows 10 Pro. Program ESU memastikan akses ke pembaruan keamanan penting, meskipun pengguna tidak akan menerima fitur sistem operasi baru atau pembaruan perangkat lunak.

Rekomendasi Upgrade

Mengingat dukungan Windows 10 yang semakin dekat, Microsoft sangat menyarankan pengguna untuk mempertimbangkan peningkatan ke sistem operasi terbaru, Windows 11. Windows 11 menawarkan fitur yang disempurnakan, langkah keamanan yang ditingkatkan, dan antarmuka pengguna yang dimodernisasi.

Ke depan, Microsoft telah mengungkapkan rencana untuk memperkenalkan sistem operasi generasi berikutnya, Windows 12, pada tahun 2024. Meskipun detail tentang Windows 12 belum diungkapkan sepenuhnya, hal ini menandakan komitmen Microsoft terhadap inovasi berkelanjutan di bidang sistem operasi.

Kesimpulan

Saat Windows 10 mendekati akhir siklus hidup dukungannya, pengguna didesak untuk mengevaluasi pilihan mereka dan mempertimbangkan untuk bermigrasi ke Windows 11 untuk mendapatkan manfaat keamanan dan kinerja yang berkelanjutan. Peta jalan Microsoft untuk Windows 12 memperkenalkan sekilas visi perusahaan untuk masa depan sistem operasi, menekankan pentingnya tetap mengikuti perkembangan teknologi.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments