Hal Yang Perlu Kita Ketahui : Definisi CPU

Apa sih definisi dari CPU itu? Istilah lengkap dari central processing unit dikatakan sebagai bagian dari sirkuit elektronik yang mengeksekusi instruksi yang terdiri dari program komputer. Istilah CPU seringkali juga kita sebut sebagai prosesor.

CPU melakukan operasi aritmatika, logika, pengontrolan, dan input/output (I/O) dasar yang ditentukan oleh instruksi dalam program. Meskipun bentuk, desain dan implementasi CPU berubah seiring dengan berubahnya waktu, tapi dasarnya masih tetap sama.

Intinya, komponen utama CPU termasuk unit aritmatika-logika (ALU) yang melakukan operasi aritmatika dan logika, register prosesor yang memasok operan ke ALU dan menyimpan hasil operasi ALU, dan unit kontrol yang mengatur untuk pengambilan (dari memori), decoding dan eksekusi instruksi dengan mengarahkan operasi terkoordinasi dari ALU, register dan komponen lainnya.

CPU modern hari ini lebih banyak diimplementasikan pada mikroprosesor sirkuit terpadu (IC), dengan satu atau lebih CPU pada satu chip IC metal-oksida-semikonduktor (MOS). Chip mikroprosesor yang memiliki banyak CPU disebut prosesor multi-core.

IC yang berisi CPU juga dapat berisi memori, interface periferal, dan komponen komputer lainnya; perangkat terintegrasi semacam itu disebut mikrokontroler atau sistem pada chip (SoC) yang biasa kita lihat di Smartphone.

Di komputer modern, dan terutama di ponsel cerdas, CPU mungkin berada di chip fisik yang sama dengan komponen lainnya. Sebagian besar CPU komputer modern berbagi chip dengan elektronik grafis komputer (yang menentukan apa yang muncul di monitor).

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments