|

Hati-Hati Dengan Malware RisePro, Tersebar Di Situs Bajakan Software & Game Online

Hati-hati nih buat kalian yang suka mengunduh software bajakan, game, film dan sebagainya. Baru-baru ini peneliti keamanan siber menemukan malware bawaan yang bisa mencuri informasi sensitif pengguna dan dampaknya akan jauh lebih besar.

Malware ini disebut RisePro, dimana itu bisa didistribusikan melalui situs web palsu yang menghosting konten bajakan dan konten ilegal lainnya.

Cek juga : Ryzen 7000 Seri Non X Bakal Segera Meluncur Januari 2023

Menurut analis di perusahaan cybersecurity Flashpoint dan Sekoia, malware ini didistribusikan melalui situs crack palsu yang dioperasikan oleh layanan distribusi malware pay-per-install (PPI) PrivateLoader.

Setelah menginfeksi sistem, RisePro memburu dan mencuri data sensitif dari daftar aplikasi yang luas, termasuk browser web seperti Google Chrome dan Firefox, serta ekstensi browser dan dompet mata uang kripto termasuk Authenticator, MetaMask, dan lebih luas lagi.

Hati-Hati Dengan Malware RisePro

RisePro juga bisa mengekstrak data dari Discord, battle.net, dan Authy Desktop, dan dapat memindai folder sistem untuk mencari data seperti kuitansi yang berisi informasi kartu kredit.

Para peneliti mengatakan ada banyak kesamaan kode antara RisePro dan PrivateLoader, menunjukkan bahwa layanan tersebut sekarang memiliki pencuri informasinya sendiri yang bisa jadi digunakan untuk keuntungannya sendiri atau sebagai layanan berbayar.

Software bajakan telah menjadi cara populer yang udah cukup lama untuk menyebarkan malware, berkat sifatnya yang ilegal. Kabarnya, sudah lebih dari 3,2 juta komputer berbasis Windows terinfeksi oleh virus trojan yang menyebar melalui unduhan ilegal Adobe Photoshop, alat cracking Windows, dan game bajakan, mengakibatkan 1,2 TB file, cookie, dan kredensial dicuri antara 2018 dan 2020. Bahkan malware tersebut mampu membajak webcam dan memotret pengguna.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments