|

Intel Arc GPU Seri High-End Akan Dibangun Di Proses Node 6nm, Die-Size Sedikit Lebih Besar

GPU Intel Arc “Alchemist” masih jadi topik panas. Dan kabarnya nih, kebocoran terbaru menunjukan kalau GPU tersebut akan dibangun dalam proses node TSMC 6nm, dimana akan menjadi model paling canggih dibanding AMD maupun NVIDIA.

Ini akan memakai Silikon DG2-512 yang tampaknya lebih besar dibanding NVIDIA GA104 maupun  AMD Navi. Intel dikabarkan akan menggunakannya untuk segmen antara mid-range hingga high-end. Kedua kelas ini bahkan sudah masuk istilah penamaan, yaitu Arc 5 dan Arc 7.

Cek juga : Intel Umumkan Prosesor Terbaru Core i9-12900KS, Diklaim Jadi Yang Terkenceng Di Dunia

Nah, Segmen GPU tersebut menurut beberapa sumber akan memiliki kasus penggunaan yang cukup kuat, termasuk gameplay 1440p asli, atau bermain di 4K dengan peningkatan kinerja—sesuatu yang dijanjikan Intel dalam bentuk XeSS.

DG2-512 dibangun di atas node pengecoran TSMC N6 6 nm, node paling canggih di antara tiga GPU di kelas ini. Ini memiliki kerapatan transistor tertinggi 53,4 mTr/mm², dan die size terbesar 406 mm², dan jumlah transistor tertinggi 21,7 miliar.

Arsitektur grafis Xe-HPG dirancang untuk dukungan penuh fitur DirectX 12 Ultimate, dan perangkat keras khusus DG2-512 untuk ray tracing, serta akselerasi AI. Disisi lain juga memiliki throughput FP32 13,5 TFLOPs, dibandingkan dengan 13,2 TFLOPs dari Navi 22 pada kartu grafis desktop Radeon RX 6700 XT, dan 21,7 TFLOPs dari GA104 yang dimaksimalkan pada grafis desktop GeForce RTX 3070 Ti kartu.

Kita tunggu saja bagaimana semua kabar menjanjikan tersebut segera tiba. Tentunya harapan performa juga jauh lebih positif.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments