|

Intel Core i9 13900K Berhasil Pecahkan Rekor Overclocking Hingga 8.2 Ghz

Prosesor terbaru Intel generasi ke-13 Raptor Lake bisa sangat menjanjikan buat urusan overlocking. Betapa tidak, CPU unggulan Core i9-13900K baru-baru ini berhasil mendobrak clockspeed hingga 8.2 Ghz.

Sang overclocker yang berhasil membawa clockspeed tertinggi sementara ini untuk prosesor tersebut adalah  ‘Splave’ (Allen Golibersuch).

Seperti yang dilaporkan oleh Tom’s Hardware, ini adalah bagian dari Intel’s Creator Challenge dimana Splave menggunakan pendinginan nitrogen cair untuk mendobrak rekor baru tersebut.

Ini adalah waktu yang menyenangkan bagi para penggila dan penggemar PC. Potensi overclocking untuk Raptor Lake bisa sekuat yang terlihat untuk berbagai prosesor Core di usianya, dengan terakhir kali chip Intel mencapai angka 8GHz lebih dari satu dekade yang lalu.

Yang tercepat dalam memori baru-baru ini adalah Core i9-10900K yang mencapai 7.7GHz, dan itu jelas sudah sangat baik. Hal yang perlu diingat adalah, setelah 13900K dirilis, pasti akan didorong ke tingkat yang lebih tinggi. Misalnya, 12900K mencapai 6,8GHz dalam kemampuan overclockingnya saat pertama kali dirilis, tetapi kemudian dikalahkan oleh 7,6GHz yang disebutkan di atas.

Secara teori, kemudian, kita bisa melihat badai 13900K ke wilayah 8.5GHz plus akhirnya di tangan para ahli yang menggunakan nitrogen cair. Pada saat itu, CPU akan menantang kecepatan tercepat yang pernah dicapai oleh prosesor desktop (lebih dari 8.7GHz, dan chip tercepat hingga saat ini adalah model lama prosesor AMD).

Semua tanda menunjukkan tingkat kinerja overclocking yang sangat menjanjikan untuk Raptor Lake, yang dapat menjadi daya tarik yang kuat bagi para penggemar, dan merupakan faktor yang dapat mengkhawatirkan AMD. Disisi lain, CPU Zen 4 baru dengan opsi Ryzen 9 7950X telah mencapai penutupan pada 7.5GHz sejauh ini (sekali lagi dengan nitrogen cair), sehingga 13900K hampir 10% lebih baik dalam perang overclocking. Namun kesenjangan ini tidak menutup kemungkinan CPU baru AMD juga bisa lebih ok, tentu saja seiring berjalannya waktu.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments