|

Ryzen 7 5800X3D Dikabarkan Mati Setelah Di Overclock Melebih Batas

Overclocking untuk CPU sekelas AMD Ryzen 7 5800X3D yang melebihi batas baru-baru ini ditemukan bisa sangat berbahaya. Itu bisa mematikan CPU tersebut ketika  di-overvolt dan di-overclock lebih dari biasanya.

Sebagaimana yang diungkap Igor’s Lab, masalah ini awalnya diduga pada software overclocking MSI Center Windows. Kemudian mereka menemukan hal serupa di software ASUS, Gigabyte, dan ASRock, menandai ini sebagai masalah di seluruh platform.

Cek juga : Ini Dia Detail Penampakan ASRock A620M-HDV/M.2 Yang Bocor

Igor’s Lab mampu mendemonstrasikan bahaya bug ini dengan 5800X3D miliknya. Setelah membebani chip menjadi 1.3v dan seterusnya dengan MSI Center, 5800X3D dilaporkan mati seketika. Kami tidak tahu bagaimana chip mati secara khusus, tetapi tampaknya Igor mendorong tegangan inti melewati 1,3v setelah dua penyesuaian manual. PC segera mati setelah penyesuaian voltase kedua dan tidak pernah melakukan booting kembali.

Bagi mereka yang belum tahu, AMD Ryzen 7 5800X3D merupakan CPU pertama yang menampilkan teknologi 3D-VCache untuk meningkatkan sisi gaming bawaan perusahaan. Teknologi tersebut menambahkan lempengan cache L3 64MB tepat di atas die Zen 3, meningkatkan kapasitas chip L3 menjadi 96MB. Namun, cache L3 tambahan ini sangat memengaruhi pembuangan panas CPU, memaksa chip beroperasi pada frekuensi yang lebih rendah.

Masalahnya cukup signifikan sehingga AMD sebelumnya memblokir overclocking chip sepenuhnya dan mengurangi voltase inti maksimum dari 1,5v menjadi 1,35v. AMD mengatakan pembatasan voltase disebabkan oleh batasan voltase dari cache yang ditambahkan, namun, beberapa pengujian luar menunjukkan bahwa batasan tersebut ada hubungannya dengan masalah pembuangan panas chip.

Apakah perbaikan akan datang dalam pembaruan mikrokode AGESA baru, pembaruan chipset, atau perubahan sisi perangkat lunak masih belum jelas. Namun untuk saat ini, jika kalian memiliki Ryzen 7 5800X3D, berhati-hatilah saat mengobrak-abrik melalui software overclocking motherboard, dan jangan men-tweak pengaturan overclocking apa pun.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments