|

Tiongkok Berhasil Buat Chip 7nm, Dikabarkan Mirip Dengan TSMC

Negeri Tiongkok kini punya chipset unggulan dengan dukungan teknologi 7nm pertama di negara tersebut. Mereka menyebutnya SMIC. Namun apa yang menarik, chip ini dikabarkan mirip dengan proses 7 nm TSMC.

Menurut firma analis TechInsights, yang memeriksa SoC penambangan Bitcoin 7 nm yang dibuat untuk perusahaan MinerVa, ada keraguan bahwa proses SMIC 7 nm mirip dengan proses 7 nm TSMC.

Cek juga : NVIDIA Dikabarkan Hanya Akan Rilis RTX 4090 Tahun ini

Meskipun tidak memiliki akses ke alat manufaktur semikonduktor canggih, dan pembatasan untuk memeriksanya lebih dalam. Namun, SMIC telah berhasil menghasilkan apa yang menyerupai simpul 7 nm yang hampir sempurna. Ini dapat menghasilkan logika 7 nm dan bitcell memori yang sebenarnya kadang-kadang di masa depan, saat node maju di lab SMIC.

Hanya saja, SMIC dikatakan masih kurang bersaing dengan produsen terdepan dalam urusan ini. Laporan TechInsights menunjukkan bahwa TSMC, Intel, dan Samsung memiliki node 7 nm yang lebih maju dan dua node di depan SMIC Tiongkok.

Meskipun begitu, tampaknya itu bukan masalah bagi pasar Cina karena mencari kemerdekaan dari perusahaan dan teknologi Barat. Namun, memperkenalkan chip 7 nm buatan China lebih penting karena menunjukkan bahwa negara tersebut dapat memproduksi node canggih dengan pembatasan dan sanksi.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments