|

AMD Dikabarkan Akan Bawa Fitur Overclocking DDR5 Mirip Intel XMP Yang Disebut EXPO

AMD dikabarkan akan membawa banyak fitur baru di jajaran prosesor anyar perusahaan  Ryzen 7000 series. Salah satunya adalah sitem overclocking yang kuat, mirip dengan Intel XMP lewat memori DDR5 yang disebut EXPO.

Bocornya kabar ini datang dari Videocardz yang menyoroti sedikit lebih banyak tentang rencana AMD untuk DDR5. EXPO itu seharusnya singkatan dari ” Extended Profiles for Overclocking,” dan perusahaan mendaftarkan merek dagang pada bulan Februari.

Cek juga : GIGABYTE Siap Ungkap Laptop Terbaik Mereka Aorus 17X YE Tidak Lama Lagi

Jadi, ketika memori DDR5 generasi pertama belum menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan penawaran DDR, hadirnya prosesor AMD Zen 4, bisa memberikan performa lebih matang dengan sistem overclocking memori yang lebih kuat.

Jika rumor tersebut dapat dipercaya, AMD akan menggunakan DDR5 untuk motherboard mid-range dan high-end seri 600, dan tidak ada tanda-tanda dukungan DDR4 bahkan pada varian kelas bawah. Karena DDR5 diperkirakan tidak akan mencapai paritas harga dengan DDR4 hingga paling cepat 2023, pengadopsi awal harus membayar harga yang mahal untuk menggunakan prosesor Zen 4. Ini kontras dengan pendekatan Intel yang menawarkan dukungan untuk kedua standar memori pada platform Alder Lake.

Btw, barisan prosesor seri Ryzen 7000 AMD generasi berikutnya diharapkan akan dirilis akhir tahun ini, menandai akhir era AM4 dengan soket baru dan desain heatspreader yang diperbarui.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments