|

Beberapa Seri Ryzen 8000G Phoenix 2 Kabarnya Bisa Kurangi Kinerja SSD & GPU

Pengumuman AMD baru-baru ini mengenai prosesor desktop seri Ryzen 8000G, yang menampilkan arsitektur inti Zen 4 dan grafis RDNA 3, menimbulkan kegembiraan di CES 2024. Namun, pengungkapan baru tentang chip Phoenix 2, khususnya Ryzen 5 8500G dan Ryzen 3 8300G, menunjukkan adanya potensi kelemahan dalam hal kecepatan SSD dan kinerja GPU dibandingkan dengan rekan-rekan Phoenix 1 mereka.

Cek juga : ASUS Umumkan USB4 PCIe Gen4 Card Dengan Fitur Tingkat Lanjut

APU Ryzen 8000G terdiri dari dua model kelas atas berdasarkan cetakan Phoenix 1 (Ryzen 7 8700G dan Ryzen 5 8600G) dan dua produk tingkat pemula berdasarkan Phoenix 2 (Ryzen 5 8500G dan Ryzen 3 8300G).

Beberapa Seri Ryzen 8000G Phoenix 2 Kabarnya Bisa Kurangi Kinerja SSD & GPU

Spesifikasi motherboard Gigabyte B650E AORUS ELITE X AX ICE mengungkapkan bahwa chip Phoenix 2 hanya akan mendukung PCIe 4.0 x4 untuk kartu grafis diskrit, sedangkan APU Phoenix 1 akan menawarkan PCIe 4.0 x8.

Jalur M.2 untuk chip Phoenix 2 akan dikurangi dari PCIe 4.0 x4 di Phoenix 1 menjadi PCIe 4.0 x2, sehingga berpotensi mengurangi separuh kinerja SSD.

Dampak terhadap Kinerja

Pengurangan jalur PCIe untuk Phoenix 2 dapat berdampak negatif terhadap kecepatan SSD dan kinerja GPU diskrit, terutama dengan komponen kelas atas.

Dua chip 8000G kelas bawah akan mendukung SSD PCIe 4.0 dengan hanya dua jalur dan kartu grafis eksternal dengan empat jalur, dibandingkan dengan 8 atau 16 jalur yang didukung oleh sebagian besar platform desktop modern.

Meskipun kartu grafis entry-level dengan jalur 4x PCIe 4.0 mungkin tidak terkena dampak signifikan, pengguna yang menginginkan komponen kelas atas harus mempertimbangkan potensi keterbatasan.

Update Dukungan Memori

Awalnya terdaftar dengan dukungan memori saluran tunggal, spesifikasi untuk APU Phoenix 2 telah diperbarui untuk menyertakan dukungan memori saluran ganda untuk Ryzen 3 8300G.

Dukungan memori saluran ganda sangat penting untuk menghasilkan kinerja optimal, terutama saat menggunakan kartu grafis diskrit.

Kesimpulan

Pengungkapan tentang kecepatan SSD yang lebih rendah dan kinerja GPU pada prosesor AMD Ryzen 8000G Phoenix 2 meningkatkan kekhawatiran bagi pengguna yang mencari komponen kelas atas.

Memahami potensi keterbatasan jalur PCIe dan dukungan memori sangat penting untuk pengambilan keputusan yang tepat ketika mempertimbangkan APU ini untuk konfigurasi desktop. Penggemar AMD dan pembuat sistem akan memantau dengan cermat bagaimana spesifikasi ini berdampak pada kinerja dunia nyata seiring dengan munculnya rincian lebih lanjut.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments