| |

BIOS Terbaru Gigabyte & MSI Klaim Bisa Atasi Masalah Stabilitas Prosesor Intel

Selama beberapa bulan terakhir, pengguna prosesor terbaru Intel generasi ke-13 dan ke-14 telah mengalami masalah stabilitas yang signifikan, masalah ini dapat ditelusuri kembali ke pengaturan BIOS yang “dioptimalkan” yang digunakan oleh produsen motherboard, yang melewati batas daya yang direkomendasikan Intel.

Sebagai tanggapannya, pembuat motherboard besar seperti Gigabyte dan MSI telah merilis pembaruan yang bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan lebih mematuhi pedoman Intel.

Cek juga: CPU Loongson Asal Tiongkok Kini Bisa Bersaing Dengan Intel 10th Gen

Pendekatan Gigabyte: Pembaruan BIOS Beta

Gigabyte, produsen motherboard terkemuka, telah memperkenalkan pembaruan BIOS beta untuk motherboard seri Z790 dan B760. Dirilis pada hari Jumat, pembaruan ini memperkenalkan fitur baru yang disebut Intel BaseLine, yang dirancang khusus untuk meningkatkan stabilitas sistem. Fitur ini menyesuaikan pengaturan BIOS untuk menghilangkan pengaturan optimalisasi daya tinggi yang digunakan sebelumnya yang dikaitkan dengan ketidakstabilan CPU kelas atas Intel.

BIOS Terbaru Gigabyte & MSI Klaim Bisa Atasi Masalah Stabilitas Prosesor Intel

BIOS yang diperbarui mencakup beberapa peningkatan utama:

  • Penerapan pengaturan batas daya Intel BaseLine, khususnya untuk CPU seri K berkinerja tinggi.
  • Optimalisasi perlindungan ekskursi saat ini (CEP) dan pengaturan daya lainnya.
  • Pembaruan kerangka kerja Intel APO (DTT) ke versi 9.0.11405.42569.
  • Peningkatan dukungan untuk prosesor i9-14900KS.

Pengguna dapat mengakses pengaturan ini melalui tab Tweaker di BIOS, memungkinkan penyesuaian langsung agar selaras dengan rekomendasi Intel.

Solusi MSI: Tweak BIOS yang Dipandu Pengguna

Daripada merilis versi BIOS baru, MSI memilih untuk memberikan panduan terperinci yang membantu pengguna menyesuaikan pengaturan BIOS mereka secara manual untuk mengembalikan batas daya default Intel. Panduan ini ditujukan khusus untuk pengguna dengan prosesor Core i9-13900K dan i9-14900K.

BIOS Terbaru Gigabyte & MSI Klaim Bisa Atasi Masalah Stabilitas Prosesor Intel

Tutorial MSI mengarahkan pengguna untuk:

  • Gunakan opsi Boxed Cooler dalam panel OC BIOS dan pengaturan CPU Cooler Tuning, sehingga membatasi daya pada 253W yang lebih sederhana.
  • Pilih opsi Intel Default di CPU Lite Load Control untuk memulihkan pengaturan daya yang disarankan.

Meskipun penyesuaian ini mungkin menurunkan potensi kinerja puncak CPU, penyesuaian ini diharapkan dapat meningkatkan stabilitas sistem secara signifikan, memberikan pengalaman komputasi yang lebih andal, terutama dalam kondisi beban berat.

Dampak Keseluruhan dan Respon Industri

Pembaruan dari Gigabyte dan MSI ini mengikuti tindakan serupa yang diambil oleh ASUS pada awal minggu ini, menandakan langkah industri yang lebih luas untuk meningkatkan stabilitas CPU terbaru Intel dengan lebih memperhatikan spesifikasi pabrikan. Meskipun beberapa pengguna mungkin khawatir tentang potensi penurunan kinerja, prioritasnya jelas terletak pada pencapaian kinerja sistem yang stabil dan andal.

Intel terus bekerja sama dengan mitra motherboardnya untuk sepenuhnya mendiagnosis akar penyebab masalah stabilitas ini dan mengembangkan solusi komprehensif. Bagi pengguna PC kelas atas, khususnya gamer dan profesional, pembaruan ini sangatlah penting. Mereka memastikan bahwa janji kinerja mutakhir tidak mengorbankan keandalan.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
tvbrackets
tvbrackets
10 days ago

Simply desire to say your article is as surprising The clearness in your post is simply excellent and i could assume you are an expert on this subject Fine with your permission let me to grab your feed to keep up to date with forthcoming post Thanks a million and please carry on the gratifying work

tvbrackets
tvbrackets
9 days ago

Thank you I have just been searching for information approximately this topic for a while and yours is the best I have found out so far However what in regards to the bottom line Are you certain concerning the supply