|

GPU NVIDIA Turing Kini Dukung Resizable BAR Dengan NvStrapsReBar

Resizable BAR, sebuah fitur yang dikenal memberikan peningkatan kinerja yang sederhana namun berdampak, telah menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun dukungan resmi pada dasarnya terbatas pada perangkat keras yang lebih modern, mod terbaru telah membuka pintu bagi pengguna kartu grafis seri Nvidia Turing untuk memanfaatkan teknologi ini.

Cek juga: MSI Claw: Penantang Baru di Arena Handheld Gaming

Biasanya dikaitkan dengan arsitektur yang lebih baru seperti Ampere dan RDNA 2, Resizable BAR meningkatkan kinerja GPU dengan memungkinkan CPU mengakses seluruh memori video, sebuah peningkatan penting dibandingkan keterbatasan sebelumnya. Bulan lalu, mod bernama driver ReBarUEFI DXE memperluas dukungan ke CPU dan motherboard lama, menjadikan Resizable BAR dapat diakses oleh lebih banyak sistem.

Kini, fork baru bernama NvStrapsReBar telah mengambil langkah lebih jauh, menghadirkan dukungan Resizable BAR ke GPU Nvidia Turing, termasuk seri GeForce GTX 1600 dan RTX 2000. Meskipun kartu grafis ini mendekati usia lima tahunnya, GTX 1650 dan RTX 2060 tetap populer di kalangan gamer, seperti yang ditunjukkan oleh peringkat tinggi mereka di Steam Hardware Survey.

Meskipun proses instalasi untuk NvStrapsReBar agak rumit dan memerlukan flashing image UEFI baru pada motherboard, proses ini menghadirkan opsi yang layak bagi pengguna yang tidak dapat melakukan upgrade ke GPU yang lebih modern. Mod ini sangat bermanfaat untuk sistem lama yang tidak memiliki dukungan resmi Resizable BAR, menawarkan potensi peningkatan kinerja dan memperpanjang umur perangkat keras yang ada.

Untuk mengaktifkan NvStrapsReBar, pengguna perlu mengaktifkan pengaturan “Above 4G Decoding” dan menonaktifkan CSM untuk motherboard yang tidak secara resmi mendukung Resizable BAR. Penting untuk dicatat bahwa mengubah komponen perangkat keras, seperti GPU, memerlukan penonaktifan ReBAR. Halaman download proyek mencakup instruksi komprehensif, dan halaman GitHub menyediakan daftar konfigurasi sistem yang berhasil diuji.

AMD awalnya mempopulerkan Resizable BAR dengan prosesor Ryzen 5000 dan kartu grafis Radeon RX 6000. Meskipun awalnya dipasarkan sebagai Smart Access Memory (SAM), ini pada dasarnya mengubah nama fitur PCI Express yang sudah lama tidak digunakan. Intel dan Nvidia dengan cepat mengadopsi teknologi ini, dengan chip apa pun yang kompatibel dengan PCIe 2.0 atau lebih baru secara teoritis mendukung Resizable BAR.

Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, perkembangan terbaru NvStrapsReBar menunjukkan dedikasi komunitas untuk memperluas kompatibilitas dan memaksimalkan peningkatan kinerja untuk lebih banyak pengguna, memastikan bahwa perangkat keras yang sudah tua sekalipun dapat memperoleh manfaat dari kemajuan terbaru dalam teknologi GPU.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments