|

Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Prosesor Desktop Intel 12th Gen

Prosesor desktop Intel generasi ke-12 Alder Lake kini udah tersedia di pasaran, malah pilihan yang hadir udah lengkap termasuk motherboard terbaru antara chipset Z690, H670, B660 dan H610. Pertanyaannya, udah siap untuk upgrade?

Cek juga : Berapa Sih Kapasitas Yang Ideal Untuk SSD Hari ini?

Ada beberapa hal yang temen-temen perlu ketahui sebelum benar-benar membelinya, khususnya dari sisi kompabilitas dan supaya enggak salah membelinya juga.

Ok, pertama itu soket yang dibawa CPU Intel 12th Gen benar-benar baru, yaitu Intel LGA 1700. Jadi, barisan prosesor ini enggak kompatibel dengan motherboard lama yang bawa soket LGA 1200. Kalian bener-bener butuh motherboard baru yang dukung soket tersebut, antara Z690, H670, B660 dan H610.

Nah, karena soket yang dibawa benar-benar baru, maka kompabilitas buat Cooler CPU juga bisa terbatas. Jadi, kalian perlu mencari pendingin yang mendukung platform Intel LGA 1700.

Kedua, fitur baru yang dibawa prosesor ini ada di inti prosesor dengan fitur Hybrid yang menggabungkan dua pilihan inti, antara performance Cores (P-Cores) dan Efficiency Cores (E-Cores). Performance Cores dirancang untuk kinerja maksimum, sedangkan Efficiency Cores (E-Cores) menghasilkan kinerja mentah yang lebih sedikit tetapi lebih hemat daya. Perbedaan kinerja diperoleh dengan memvariasikan voltase dan kecepatan clock.

Btw, enggak semua prosesor Intel generasi ke-12 membawa kedua fitur ini, hanya opsi high end saja yang tersedia, antara Core i9 series dan Core i7. Intel Core i5 ada dua opsi, seri K yang membawa fitur OC menyediakan performance Cores (P-Cores) dan Efficiency Cores (E-Cores). Sedangkan seri non-K hanya membawa performance Cores (P-Cores). Intel Core i3 series juga hanya membawa fitur performance Cores (P-Cores) saja.

Intel 12th gen prosesor desktop

Hal terbaik dari prosesor desktop terbaru Intel 12th gen ini adalah dukungan memori DDR5. Jadi, buat kalian yang butuh memori bandwith besar dan eficiensi jauh lebih baik, maka DDR5 bisa menjadi jawabannya.

Catetan aja, enggak semua mobo terbaru yang dukung CPU ini memiliki DDR5, biasanya disesuaikan dengan tipe yang dibawa. Contoh, kebanyakan mobo H610 masih dukung memori DDR4, namun ada juga opsi yang membawa DDR5. Sedangkan mobo Z690 kebanyakan udah dukung DDR5, tapi ada opsi DDR4 juga.

Nah, udah bisa dimengerti? Semoga ya beberapa kunci yang udah kami sebut bisa kalian pahami. Itu tentu saja supaya saat akan membangun PC Intel 12th Gen enggak ada masalah, seperti kompabilitas dan pilihan motherboard yang pas.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments