| |

LG Mulai Produksi Panel Tandem OLED Secara Massal

LG Display baru saja mengumumkan bahwa mereka telah memulai produksi massal panel Tandem OLED 13 inci pertama di industri untuk laptop. Teknologi inovatif ini menjanjikan kinerja lebih tinggi dan konsumsi daya lebih rendah, menempatkan LG Display sebagai yang terdepan di pasar OLED.

Cek juga: Chip Intel Arrow Lake-S Siap Targetkan Laptop Gaming

Pertama kali dikomersialkan oleh LG Display pada tahun 2019, teknologi Tandem OLED menggabungkan dua tumpukan lapisan pemancar cahaya organik berwarna merah, hijau, dan biru (RGB). Konfigurasi dua lapis ini menawarkan daya tahan dan kinerja yang unggul dibandingkan panel OLED satu lapis, termasuk masa pakai lebih lama dan kecerahan lebih tinggi.

Awalnya diterapkan pada OLED otomotif karena standar kualitasnya yang ketat, teknologi Tandem OLED telah terbukti keandalan dan efisiensi energinya. Kini, LG Display menghadirkan teknologi canggih tersebut ke laptop untuk pertama kalinya.

LG Mulai Produksi Panel Tandem OLED Secara Massal

Panel Tandem OLED 13 inci yang baru dirancang khusus untuk penggunaan laptop, memberikan masa pakai dua kali lipat dan kecerahan tiga kali lipat dibandingkan layar OLED satu lapis konvensional. Selain itu, ini mengurangi konsumsi daya hingga 40%, menjadikannya ideal untuk perangkat TI berkinerja tinggi, termasuk laptop AI dan laptop biasa.

Dengan mengoptimalkan komponen dan menyempurnakan struktur panel Tandem OLED 13 inci, LG Display telah mencapai desain yang sekitar 40% lebih tipis dan 28% lebih ringan dibandingkan layar laptop OLED yang ada. Kemajuan ini memungkinkan desain yang ramping dan portabilitas yang lebih besar.

Panel baru ini menggabungkan kenyamanan dan kinerja dengan definisi tinggi. Ia membanggakan resolusi tinggi WQXGA+ (2880×1800) dan representasi warna akurat yang memenuhi 100% area warna standar DCI-P3, yang ditetapkan oleh Digital Cinema Initiatives (DCI). Hal ini memastikan konten definisi tinggi disajikan dengan kejelasan yang lebih baik.

Menampilkan karakteristik piksel yang memancarkan sendiri dan rasio kontras tak terbatas dari OLED, panel ini telah disertifikasi sebagai Display HDR True Black 500 oleh Video Electronics Standards Association (VESA). Sertifikasi ini menegaskan kemampuannya untuk menampilkan gambar terang dan gelap dengan peningkatan tiga dimensi, memberikan kualitas tampilan yang sangat mirip dengan penglihatan alami manusia.

Selain itu, LG Display telah menyematkan sensor sentuh di dalam panel untuk meningkatkan kinerja sentuhan, sehingga menghasilkan solusi sentuhan total yang sangat sensitif yang menawarkan pengalaman sentuhan presisi.

“Kami akan terus memperkuat daya saing produk OLED untuk aplikasi TI dan menawarkan nilai pelanggan yang berbeda berdasarkan kekuatan khas Tandem OLED, seperti umur panjang, kecerahan tinggi, dan konsumsi daya rendah,” kata Jae-Won Jang, Wakil Presiden dan Kepala Divisi Perencanaan Produk Medium Display di LG Display.

Perkembangan baru ini menggarisbawahi komitmen LG Display terhadap inovasi dan keunggulan di sektor teknologi layar, sehingga menetapkan tolok ukur baru bagi industri.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments