|

NVIDIA Ungkap Masalah Stabilitas Dengan Prosesor Intel Raptor Lake

Menanggapi laporan masalah stabilitas yang dialami oleh pengguna prosesor Intel Raptor Lake Core generasi ke-13 dan ke-14 terbaru, khususnya model seri K yang dapat di-overclock berperforma tinggi, NVIDIA telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.

Cek juga: Apple Siapkan Chip M4 AI di Tengah Pergeseran Industri

Panduan bantuan yang baru-baru ini diterbitkan dan ditemukan oleh pengguna X/Twitter @harukaze5719 menyoroti kekhawatiran tersebut, sehingga mendorong NVIDIA untuk memberikan panduan kepada pengguna yang terkena dampak.

Menurut pernyataan NVIDIA, pengguna yang mengalami masalah seperti ketidakstabilan sistem, kesalahan memori video, game crash, atau kegagalan meluncurkan aplikasi tertentu dengan CPU Intel Raptor Lake disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan Intel.

Masalahnya tampaknya paling menonjol ketika menjalankan beban kerja yang menuntut, seperti bermain game pada judul Unreal Engine 5 atau tugas kompilasi shader yang sangat memanfaatkan kemampuan prosesor dan grafis.

Ketidakstabilan ini sering kali dikaitkan dengan frekuensi dan tingkat kinerja yang sangat tinggi yang dirancang untuk dicapai oleh chip K-series Raptor Lake, sehingga menempatkannya di antara prosesor tercepat di jajaran Intel. Meskipun saran komunitas seperti melakukan undervolting atau downclocking pada CPU mungkin memberikan bantuan sementara, masih belum pasti apakah perbaikan permanen akan memerlukan pembaruan BIOS dari produsen motherboard atau patch game.

Pembaruan dari komunitas menggarisbawahi peran pembuat motherboard dalam memperburuk ketidakstabilan dengan menjalankan CPU di luar spesifikasi default Intel, terutama melalui tegangan berlebih yang disebabkan oleh modifikasi atau penghapusan batas daya.

Intel memprogram kurva voltase ke dalam CPU, dan jika pembuat motherboard merusak batasan ini, hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan sistem. Pengguna disarankan untuk memeriksa pengaturan batas daya di BIOS untuk memastikan kesehatan sistem mereka dan memastikan bahwa CPU berjalan dalam target yang ditentukan.

Meskipun Intel telah membuat situs web khusus untuk memberikan dukungan terhadap kasus ketidakstabilan CPU, pernyataan publik yang luas dan resolusi pasti dari pembuat chip tersebut masih menunggu. Saat pengguna menghadapi tantangan ini, kolaborasi antara produsen perangkat keras dan umpan balik komunitas akan memainkan peran penting dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah stabilitas pada prosesor Intel Raptor Lake Core.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments