| |

Apple Siapkan Chip M4 AI di Tengah Pergeseran Industri

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan, Apple bersiap untuk mengintegrasikan kemampuan pemrosesan AI ke dalam chip Apple Silicon seri M, menurut laporan Mark Gurman dari Bloomberg. Sementara raksasa teknologi lainnya berfokus pada pengiriman produk yang dilengkapi AI, Apple tampaknya tidak peduli hingga saat ini. Namun, perusahaan siap untuk bergabung dengan revolusi AI dengan chip seri M4 mendatang, yang akan debut pada akhir tahun 2024 dan awal tahun 2025.

Cek juga: Intel Dikabarkan Hentikan CPU “K-Series” Raptor Lake Generasi ke-13

Seri M4 dikabarkan menampilkan unit pemrosesan AI, selaras dengan tren yang terlihat pada chip komersial lainnya. Apple berencana untuk menawarkan tiga level seri M4, termasuk M4 level awal (dengan nama kode Donan), M4 tingkat menengah (dengan nama kode Brava), dan M4 kelas atas (dengan nama kode Hydra). Langkah strategis ini menggarisbawahi komitmen Apple terhadap inovasi dan tetap menjadi yang terdepan dalam kemajuan teknologi.

Meskipun penjualan Apple Mac mencapai puncaknya pada tahun 2022, terjadi penurunan nyata pada tahun-tahun berikutnya, dengan penjualan yang tetap datar. Munculnya PC bertenaga AI untuk sistem berbasis Windows telah menghasilkan sensasi yang signifikan di kalangan vendor besar, sehingga mendorong Apple untuk ikut bergabung. Perusahaan telah menjadwalkan World Wide Developer Conference (WWDC) pada tanggal 10 Juni, yang diharapkan akan mengungkap serangkaian solusi bertenaga AI yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan produktivitas.

Dengan diperkenalkannya chip M4 yang disempurnakan dengan AI, pengumuman WWDC Apple diperkirakan akan menerima akselerasi perangkat keras tambahan, yang semakin memperkuat posisinya dalam lanskap AI. Namun, rincian pasti dari pengumuman ini masih dirahasiakan, dan asumsi lebih lanjut harus menunggu hingga peristiwa tersebut terungkap.

Seiring dengan terus berkembangnya industri teknologi, masuknya Apple ke dalam chip bertenaga AI menandakan era baru inovasi dan persaingan. Seri M4 memiliki potensi untuk merevolusi komputasi, menawarkan peningkatan kinerja dan kemampuan kepada pengguna untuk berbagai aplikasi. Nantikan pembaruan lainnya seiring perjalanan AI Apple terungkap di WWDC dan seterusnya.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments