|

Intel Dikabarkan Hentikan CPU “K-Series” Raptor Lake Generasi ke-13

Dalam sebuah langkah yang mengejutkan, Intel telah mengumumkan penghentian seluruh jajaran SKU CPU “K-series” Raptor Lake Generasi ke-13 yang dapat di-overclock. Keputusan ini, yang diuraikan dalam pemberitahuan perubahan produk resmi, akan menghentikan pesanan chip populer seperti Core i9-13900KS, Core i9-13900K, Core i9-13900KF, Core i7-13700K, Core i7-13700KF, Core i5-13600K, dan Core i5-13600KF setelah 24 Mei 2024.

Pengiriman akhir ke vendor dijadwalkan pada 28 Juni, menandakan berakhirnya ketersediaan prosesor Raptor Lake yang tidak terkunci ini.

Cek juga: Logitech G Luncurkan Keyboard Gaming PRO X 60 LIGHTSPEED

Penghentian ini terjadi lebih dari setahun setelah peluncuran Raptor Lake pada akhir tahun 2022, yang memperkenalkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi Alder Lake sebelumnya. Raptor Lake memiliki clock yang lebih tinggi, peningkatan cache, core efisiensi tambahan, dan kekuatan kompetitif untuk menyaingi CPU AMD Ryzen 7000 di berbagai beban kerja.

Intel Dikabarkan Hentikan CPU "K-Series" Raptor Lake Generasi ke-13

Menariknya, Intel belum menghentikan produksi prosesor Alder Lake, yang menunjukkan bahwa chip generasi ke-12 tersebut mungkin masih dapat diakses untuk beberapa waktu. Meskipun matinya CPU seri Raptor Lake K yang dapat di-overclock mungkin mengecewakan para penggemarnya, ada hikmahnya—hal ini menciptakan ruang bagi penyegaran Intel Raptor Lake generasi saat ini, prosesor Core generasi ke-14, untuk mengosongkan inventaris sebelum kedatangan chip generasi berikutnya .

Intel Dikabarkan Hentikan CPU "K-Series" Raptor Lake Generasi ke-13

Langkah strategis ini sejalan dengan upaya berkelanjutan Intel untuk mempertahankan daya saing di pasar CPU. Dengan semakin dekatnya peluncuran prosesor seri Core Ultra 2 “Arrow Lake” generasi ke-15, Intel kemungkinan ingin menyederhanakan penawaran produknya dan mempersiapkan gelombang inovasi berikutnya.

Penggemar dan konsumen dapat mengharapkan rincian lebih lanjut mengenai peta jalan prosesor Intel, termasuk potensi teaser untuk seri Arrow Lake mendatang, di acara Computex mendatang yang dijadwalkan pada bulan Juni. Seiring berkembangnya industri, Intel tetap berkomitmen untuk menghadirkan teknologi mutakhir dan mendorong kemajuan dalam kinerja komputasi.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments