|

Rumor RTX 4060 Bakal Bawa VRAM 8GB & CUDA Lebih Rendah Dibanding RTX 3060

Kabar mengenai kehadiran GPU terbaru NVIDIA selanjutnya sudah mulai bermunculan. Salah satu yang terbaru adalah seri mid-range GeForce RTX 4060 yang dikabarkan akan membawa VRAM 8GB GDDR6 dan memiliki CUDA sedikit lebih rendah dibanding RTX 3060.

Cek juga : NUC BOX Terbaru ASRock Kini Bawa CPU AMD Zen 3+ APU & Dukungan USB4

Cukup aneh rasanya jika hal tersebut terjadi, namun menurut leaker populer kopite7kimi GPU terbaru NVIDIA ini bisa benar adanya.

Bocoran baru-baru ini menunjukkan bahwa beberapa spesifikasinya mungkin sedikit lebih rendah dari yang diharapkan. VRAM, khususnya, mungkin menjadi masalah, mengingat seberapa banyak game terbaru tampaknya digunakan.

Spesifikasi desktop GeForce RTX 4060 memiliki tampilan yang cukup  mirip dengan varian laptop. Di beberapa area, angka GPU terlihat lebih rendah dari pendahulunya, RTX 3060. Mungkin yang paling mencolok adalah RTX 4060  hanya menyertakan VRAM 8GB. RTX 3060 sebelumnya memiliki 12GB (anehnya lebih dari 8GB RTX 3070).

Selain itu, beberapa rilis terbaru telah menimbulkan kekhawatiran tentang berapa banyak memori video yang mungkin dibutuhkan game PC masa depan kelas atas. Analisis performa Hogwarts Legacy misal menunjukkan bahwa game tersebut memakan setidaknya 10GB VRAM untuk sebagian besar pengguna dan hingga 14GB dengan ray tracing diaktifkan. Pembuatan ulang Dead Space juga memiliki masalah dengan kartu grafis sub-12GB dalam situasi tertentu.

Meskipun kecepatan clock desktop RTX 4060 masih belum diketahui, perangkat ini bisa jadi memiliki RAM yang lebih cepat daripada RTX 3060. Rumor sebelumnya menyatakan bahwa RTX 4060 akan mencapai performa seperti RTX 3070 Ti.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments