| |

UDIMM vs SO-DIMM, Bedanya Apa Sih?

Suka banyak pertanyaan nih tentang RAM, salah satunya adalah perbedaan tipe antara UDIMM dan SO-DIMM. Jadi, biar enggak penasaran lagi dan bisa nambah pengetahuan juga, berikut penjelasan singkatnya.

Intinya, kedua tipe memori ini jelas berbeda banget dari bentuk faktor, termasuk fungsi utama yang ditawarkan kedua jenis RAM ini.

Cek juga : Cara Ngatur Refresh Rate Monitor Di Windows 11

UDIMM itu sendiri lebih dikhususkan untuk komputer desktop dengan ukuran yang lebih panjang dibanding SO-DIMM. Istilah panjang dari UDIMM itu sendiri adalah Unbuffered Dual Inline Memory Module.

UDIMM vs SO-DIMM

Nah, SO-DIMM atau singkatan dari Small Outline Dual Inline Memory Module kebalikan dari UDIMM dengan ukuran yang lebih pendek dan dikhususkan untuk laptop. Jumlah pin sebenernya sama jika misal temen-temen membandingkan antara DDR4 SO-DIMM dan UDIMM. Cuma layoutnya aja yang berbeda, dimana kerapatan SO-DIMM lebih ketat dibanding UDIMM.

UDIMM vs SO-DIMM

Tentu alasan utamanya agar penempatan posisi di laptop yang punya ukuran kecil bisa memungkinkan. U-DIMM lebih panjang karena area desktop lebih luas dan memiliki ukuran yang lebih panjang.

Udah bisa dimengerti sejauh ini? kami harap begitu ya. Jadi ketika ada pertanyaan tentang perbedaan antara kedua tipe memori ini, setidaknya kalian bisa menjawab dengan singkat dan padat. Jadi, semoga bermanfaat ya!

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments