|

Ukuran Driver GPU Intel Arc Lebih Besar, Bisa Mencapai 1.2GB Loh!

Driver GPU biasanya punya ukuran file yang besar, tapi Intel tampaknya memiliki ukuran terbesar dengan kapasitas driver Arc Graphics versi 31.0.101.4034 bisa mencapai 1.2GB.

Padahal, Intel terhitung pemain baru untuk software grafis external khusus yang biasanya dikuasai antara NVIDIA dan AMD. Masuknya Intel ke arena kartu grafis khusus mengungkapkan beberapa pengamatan mengejutkan mengenai ukuran driver GPU.

Cek juga : Tingkat Kesehatan SSD Samsung 990 Pro Dilaporkan Drop Signifikan

Sebagai perbandingan, GeForce Graphics Driver 528.02 dari NVIDIA yang dirilis 5 Januari berukuran 788MB. AMD Adrenalin 22.11.2 mulai 8 Desember lebih kecil lagi dengan kapasitas cuma sebesar 546MB dan versi 23.1.1 mulai 11 Januari (untuk seri Radeon RX 7000) yaitu 590MB.

Ukuran driver Nvidia yang lebih besar daripada AMD mungkin bisa diwajarkan karena itu termasuk aplikasi GeForce Experience. Ini memiliki fitur yang berguna seperti fungsi streaming, alat tangkapan layar Ansel perusahaan, dan metode tambahan untuk mengoptimalkan kinerja gameplay.

Tapi perbedaan dengan driver Intel adalah misteri karena berbagai alasan. Arc Alchemist adalah GPU khusus Intel generasi pertama, dan dengan demikian satu-satunya driver Arc 31.0.101.4034 yang perlu didukung.

Selain itu, dua saingan lama mempertahankan dukungan untuk DirectX versi 9 hingga 12 bersama dengan Vulkan, OpenGL, dan API grafis lainnya. Sementara itu, Intel Arc memiliki dukungan yang relatif terbatas untuk versi DirectX sebelum 12, bisa dibilang kelemahan terbesarnya. Jadi mengapa kapasitas diver harus hampir dua kali lipat ukuran filenya? Kemungkinan ada solusi Intel didalamnya untuk API lama yang menghasilkan lebih banyak kode.

Penjelasan lain yang lebih masuk akal bisa jadi Intel menyertakan driver untuk grafis terintegrasi Intel Xe untuk prosesor Tiger Lake dan Raptor Lake. Tapi beberapa kalangan mengungkap penjelasan paling sederhana karena Intel tidak memiliki banyak waktu untuk mengoptimalkan drivernya dalam hal kinerja dan ukuran unduhan. Karena perusahaan masih baru di lapangan, masalah ini dapat diperbaiki sendiri pada waktunya.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments