|

Update Ke Driver AMD Adrenalin 23.7.2 Kabarnya Kurangi Kinerja GPU

Terkadang salah satu minus terbesar AMD buat urusan kartu grafis itu dukungan driver yang buruk. Dan hal tersebut juga berlaku ketika pengguna mengupdate driver ke versi Adrenalin 23.7.2.

Sebagaimana diungkap pengguna Twitter @carygolomb, update ke driver versi terbaru ini mengakibatkan kinerja GPU mobile Radeon 780M jadi berkurang, bahkan jauh lebih lambat jika dibanding memakai versi sebelumnya.

Cek juga : Kartu Grafis Powerful Berikutnya, GeForce RTX 4090 Ti Kabarnya Batal Dirilis

Selain itu, pengguna juga melaporkan masalah dengan beberapa perangkat internal dan eksternal yang tidak lagi berfungsi dengan driver baru yang aktif, termasuk pembaca sidik jari, kartu suara, dan pengontrol permainan Xbox 360.

Untuk mendukung klaim pengguna, Digital Foundry membalas Tweet tersebut yang mengonfirmasi masalah kinerja yang buruk dengan driver baru. Menurut outlet ulasannya, salah satu konsol game genggam Aya Neo yang menggunakan Ryzen 7 7840U kehilangan 33% performa game-nya saat menjalankan driver baru, dari 33 FPS menjadi 22 FPS dimana itu tidak dapat dimainkan di Metro Exodus: Enhanced Edition.

Masalah ini masih menjadi salah satu pembicaraan hangat yang terus dihadapi tentang situasi driver grafis bawaan AMD dalam waktu yang cukup lama. Biasanya driver GPU AMD sangat handal dan tidak mengalami masalah yang berarti. Tapi, dengan lusinan pembaruan driver yang dipompa AMD dari tahun ke tahun, akan muncul beberapa titik yang tidak menyenangkan bagi pengguna.

Di atas masalah ini, daftar resmi masalah yang diketahui dengan 23.7.2 juga agak tinggi untuk driver Adrenalin WHQL yang dirilis sepenuhnya. Beberapa masalah tambahan ini termasuk konsumsi daya idle yang tinggi pada GPU seri RX 7000 — yang seharusnya sudah diperbaiki sekarang, overlay metrik kinerja tidak sepenuhnya berfungsi di beberapa game, dan Rachet and Clank: Rift Apart ray-tracing yang dikenal luas mengalami crash yang kita bicarakan dua hari yang lalu.

Dengan seberapa baru drivernya, tidak mungkin untuk mengatakan seberapa luas masalah kinerjanya. Tetapi untuk saat ini, hal ini sangat mempengaruhi prosesor seri AMD Ryzen 7000 mobile, dengan tidak ada yang membicarakan bug ini dengan kartu grafis Radeon desktop. GPU seri RX 7000 modern tampaknya tidak terpengaruh, dengan Gameplay Kuno melaporkan kinerja game yang sedikit lebih baik di beberapa judul dibandingkan dengan driver sebelumnya.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments