|

AMD Prediksi VGA Di Tahun 2025 Bakal Konsumsi Daya Di Atas 700W

AMD memprediksi kalau konsumsi daya kartu grafis di tahun 2025 akan mencapai 700 watt ke atas. Hal tersebut bisa memicu kekhawatiran meningkatnya konsumsi energi global.

Hal tersebut terlihat setelah AMD mengungkapkan beberapa angka yang mengkhawatirkan dalam road map masa depannya minggu ini.

Cek juga : ASUS Luncurkan Bios Terbaru Z690 Untuk Dukungan Intel 13th Gen Raptor Lake

Dalam wawancara VentureBeat dengan wakil presiden senior AMD Sam Naffziger tentang prediksi perusahaan untuk hardware masa depan. Naffziger menyatakan keyakinannya bahwa AMD dapat mencapai ambisinya untuk keuntungan efisiensi energi selama beberapa tahun ke depan, disisi lain, angka-angka yang diungkap melukiskan gambaran yang mengkhawatirkan tentang meningkatnya permintaan energi.

Jadi ketika para insinyur mampu menabrak batas Hukum Moore, konsumen khawatir bahwa TDP GPU dapat tumbuh ke tingkat yang mengkhawatirkan. Bahkan sudah ada desas-desus tentang flagship Nvidia generasi berikutnya, RTX 4090, yang bakal mengeluarkan daya sebanyak 600W.

AMD Prediksi VGA Di Tahun 2025 Bakal Konsumsi Daya Di Atas 700W

Untuk saat ini, kartu yang paling banyak mengkonsumsi daya adalah RTX 3090 Ti yang bisa menarik daya hingga 450W.

Grafik AMD menunjukkan bahwa kita akan angka-angka tersebut  menunjukkan peningkatan dramatis dalam konsumsi daya. Ini dimulai ketika GPU mencapai 600W dan kemudian 700W sebelum 2025. Namun, visualnya tidak menunjukkan apakah itu hanya menyumbang perangkat keras kelas atas. Saat ini, kartu paling populer di pasar mengkonsumsi sebagian kecil dari energi itu, tetapi bahkan GPU arus utama di masa depan akan membutuhkan lebih banyak daya.

Naffziger mengatakan AMD bisa mendapatkan peningkatan kinerja yang diharapkan konsumen dari kartu grafis baru sambil mengatasi masalah konsumsi daya. Perusahaan telah mendorong Infinity Cache sebagai keunggulan unik, tetapi Naffziger juga menyoroti desain chiplet sebagai area di mana Nvidia memimpin.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments