| |

AMD Umumkan CPU Baru Ryzen 7000 Series & Soket AM5 Di Computex 2022

Prosesor baru AMD segera tiba, dan produsen resmi mengungkap hal tersebut di Computex 2022 keynote. Ada beberapa hal yang bisa menjadi daya tarik tersendiri buat penggemar, yaitu CPU yang benar-benar baru, perubahan soket dari AM4 ke AM5 dan banyak dukungan teknologi yang lebih fresh.

Cek juga : Microsoft Janjikan Aplikasi Android Bakal Lebih Baik Di Update Terbaru Windows 11 Selanjutnya

Layar utama AMD di Computex 2022 adalah Ryzen 7000 series yang didasarkan pada arsitektur Zen 4. Barisan prosesor ini menggunakan teknologi TSMC 5nm dan siap memakai platform AM5.

CPU Baru Ryzen 7000 Series

AMD mengungkap kalau potensi kinerja bakal jauh lebih superior, bahkan clockspeed yang ditawarkan bisa mencapai 5+ Ghz lebih. Selain itu, barisan CPU Zen 4 akan memiliki dua kali cache L2 Zen 3 per core, hingga 1MB per core, termasuk juga hardware akselerasi AI.

Poin penting lain adalah prosesor Ryzen 7000 akan bakal menampilkan jumlah core hingga 16 dan desainnya memiliki dua chiplet masing-masing dengan hingga delapan core CPU, tidak ada chip 24 core di sini. Dengan 16 core performa penuh, AMD menunjukkan CPU Ryzen 7000 bisa nyaman mengalahkan 12900K dalam render Blender multi-utas: 31% lebih cepat untuk perbandingan khusus ini (via Murdockcruz).

Apa yang menarik, jajaran prosesor baru ini juga sudah memiliki grafis terintegrasi RDNA2. Jadi tidak ada lagi beda antara Ryzen G series sama seri standar. Pengguna nantinya tidak usah khawatir lagi kalau mereka tidak memiliki VGA external. Memakai opsi GPU bawaan prosesor (apapun serinya) masih memungkinkan.

Dukungan platform motherboard yang didasarkan chipset 600 juga berlaku. Nah, motherboard ini siap dengan teknologi unggulan seperti PCIe 5.0 dan Gen5 SSD. Selain itu, jumlah port USB dan PCIe lane juga lebih banyak. Chipset terbaik ada ditangan X670E (extreme) dimana ini bakal lebih dikhususkan buat enthusiast yang ingin mendongkrak kinerja jauh lebih tinggi. Disisi lain, AMD juga memberikan opsi standar X670 standar (non Extreme) dan B650 untuk kelas midrange.

Perusahaan juga mengungkap kalau dukungan cooling pada mobo baru ini masih kompatible dengan CPU Cooler AM4. Jadi pengguna masih bisa memakai Cooler lama tanpa harus membeli seri terbaru. Sayangnya, mobo ini hanya mendukung DDR5, DDR4 sudah tidak lagi didukung.

Jadi, kapan semua hal tersebut diungkap? Antara bulan September dan November akan menjadi potensi AMD untuk merilis semua hal tersebut. Jadi, tunggu saja ya detail lebih lanjut mengenai hal ini.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments