| | |

Berapa Sih Standar Suhu Prosesor Yang Aman itu?

Berapa sih suhu prosesor yang nyaman dan aman itu? Pasti suka banyak pertanyaan tentang hal tersebut dari temen-temen.

Ok, setelah baca konten tutorial dari situs Murdockcruz.com, jadi ada pencerahan buat saya pribadi dan bisa disharing juga buat kalian yang belum terlalu paham mengenai hal tersebut. Faktanya, suhu bisa mempengaruhi performa.

Jadi, ketika suhu tetep adem dan aman, kinerja prosesor bakal terus dalam kondisi terbaiknya. Tapi jika suhu kepanasan, maka CPU bakal throttling atau performanya turun.

Nah, suhu prosesor yang aman itu dibagi menjadi tiga kategori :

  • Idle – Saat prosesor enggak sedang bekerja sama sekali
  • Kinerja ringan – Biasanya juga sering disebut light workload seperti browsing, office atau pengerjaan aplikasi ringan
  • Heavy workload – kinerja penuh dari prosesor, entah saat main game atau aplikasi yang menuntut seperti Cinebench atau rendering

Suhu prosesor yang aman untuk idle itu sendiri berada dalam batasan 30° Celsius hingga 40° Celsius. Sedangkan 40 sd 50 boleh disebut lampu kuning. Dibilang aman masih bisa, tapi kalian perlu melakukan sesuatu untuk membuatnya tetep dingin. Sedangkan riskan itu kalo suhu diatas 50° Celsius atau lebih. Disini temen-temen perlu mengecek mengapa itu bisa terjadi, seperti ganti pasta, cooler atau sistem pendinginan yang dibawa casing.

Suhu prosesor yang aman untuk pekerjaan ringan itu berada di kisaran 50 sd 60, itu disebut aman banget atau lampu hijau. Semakin rendah bisa semakin baik. Kalo 70 sd 75 boleh dibilang agak riskan, tapi aman. Sedangkan suhu diatas 80° boleh dibilang sangat riskan. Perlu dicek juga cooling yang ideal.

Suhu prosesor yang aman untuk Heavy workload amannya berada antara 70 sd 85° Celsius. Sedangkan lampu kuning itu antara 85 sd 90° Celsius. Batasan riskan menurut saya pribadi itu diatas 90 atau bisa menyentuh 100°. Kayaknya perlu ganti cooler yang lebih baik kalo jika terjadi hal tersebut.

Udah bisa dimengerti? Semoga ya artikel kali ini bisa membantu kalian untuk mempertimbangkan batasan suhu aman.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments