| |

Istilah Refresh Rate Dalam Monitor Gaming & Keuntungannya

Apa sih refresh rate itu? Seringkali istilah ini jadi pertanyaan temen-temen ketika melihat spesifikasi dalam sebuah monitor, apalagi dikhususkan untuk gaming.

Nah, maksud dari refresh rate itu sendiri boleh dibilang tentang kecepatan display yang mengacu pada berapa kali per detik monitor bisa menampilkan gambar dan biasanya diukur dalam Hertz (Hz). Semakin tinggi bisa semakin responsif, tapi kalo istilah lebih baik itu relatif.

Cek juga : Apa sih TDP Itu? Begini Penjelasan Simpelnya

Contoh, misal monitor yang kamu miliki itu punya refresh rate 144Hz, maka perangkat bisa kecepatan display visual hingga 120 kali per detik. Misalnya, jika layar Anda memiliki kecepatan refresh 144Hz, itu menyegarkan gambar 144 kali per detik.

Keuntungan memiliki monitor dengan refresh rate tinggi itu biasanya memiliki respon yang lebih baik, apalagi jika kalian berhadapan dengan Gerakan visual yang sangat cepat. Punya fitur ini pasti bakal membantu.

refresh rate

Sebagai contoh, ketika kita menggerakan karakter saat bermain game first person shooting ke kiri dan ke kanan, monitor dengan refresh rate rendah pasti akan terasa kaku. Beda ketika monitor tersebut punya fitur refresh rate yang lebih tinggi. Gerakannya bakal terasa lebih halus, jadi akan ada antisipasi ketika melihat musuh secara tiba-tiba.

Nah, fitur ini pasti akan memiliki benefit nyata ketika berkaitan dengan dunia gaming yang butuh respon atau gerak cepat. Meskipun memiliki refresh rate tinggi enggak selalu memiliki keuntungan. Contoh, jika hardware kalian terbatas seperti kemampuan grafis yang enggak bisa memberikan framerate tinggi, maka punya monitor yang punya refresh rate besar tentu enggak akan terlalu berpengaruh.

Disisi lain, mereka yang lebih suka untuk penggunaan kasual seperti browsing, nonton video atau aplikasi ringan tentu enggak terlalu membutuhkan fitur ini. Karena dengan pilihan 60Hz aja bisa mencukupi. Terlebih lagi, monitor dengan refresh rate tinggi diatas 120Hz biasanya punya harga jauh lebih mahal dibanding standar monitor.

Tapi beda halnya buat gamer yang butuh akselerasi cepat, apalagi buat kegiatan gaming profesional. Bisa mempengaruhi untuk memenangkan permainan. Selain itu, respon yang lebih halus tentu bakal memberikan kenyamanan juga buat pengguna. Cuma ya, perlu anggaran besar aja.

Udah bisa dimengerti? Semoga ya konten kali ini bisa memberikan manfaat lain buat temen-temen.

Similar Posts

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments