|

Bocoran Terbaru NVIDIA RTX 50-Series: RTX 5080 Lebih Kenceng Dibanding RTX 4090

Saat para penggemar menantikan kedatangan kartu grafis seri RTX 50 generasi berikutnya dari Nvidia, serangkaian bocoran dari keterangan rahasia terkemuka, @XpeaGPU, telah memberikan wawasan menggiurkan tentang lompatan besar dalam kinerja dibandingkan pendahulunya.

Cek juga: Mining Crypto QBIC Picu Lonjakan Permintaan AMD Ryzen 9 7950X

Menurut informasi terbaru yang dibagikan oleh @XpeaGPU melalui Hardware Times, RTX 5080 mendatang, yang ditenagai oleh GPU GB203, diperkirakan akan melampaui AD102 RTX 4090 dalam kemampuan ray tracing. Meskipun masih terlalu dini untuk mengukur kinerja keseluruhan secara pasti, keterangan rahasia menunjukkan bahwa kinerja rasterisasi antara kedua GPU dapat dibandingkan.

Selain itu, @XpeaGPU mengklaim bahwa game Blackwell terbaik dari Nvidia dapat menawarkan peningkatan kinerja generasi tunggal yang paling signifikan dalam sejarah perusahaan. Dirancang untuk menyaingi “monster 3nm MCM RDNA 4 andalan” AMD yang sekarang dibatalkan, GPU generasi berikutnya ini konon dirancang untuk bersaing ketat di pasar.

Dalam sebuah tweet, @XpeaGPU “mengonfirmasi” rencana Nvidia untuk menggunakan memori GDDR7 untuk tiga game gaming Blackwell teratas, mengisyaratkan penyertaan teknologi VRAM mutakhir dalam kartu seri RTX 5000 kelas atas.

Meskipun rumor sebelumnya berspekulasi tentang spesifikasi GPU Blackwell, termasuk kemungkinan RTX 5090 andalan yang menampilkan inti dua kali lebih banyak daripada GB203 RTX 5080, detailnya masih belum terverifikasi. Namun demikian, die GB202 yang dikabarkan dikatakan memiliki antarmuka memori 512-bit, menawarkan peningkatan bandwidth yang besar dibandingkan iterasi sebelumnya.

Dilaporkan bahwa penyertaan memori GDDR7 28Gbps pada kartu gaming Blackwell kelas atas menjanjikan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan dengan standar memori sebelumnya.

Namun, kebocoran ini harus didekati dengan hati-hati, karena kebocoran tersebut belum didukung oleh sumber lain. Dengan GPU Blackwell yang diperkirakan akan debut pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025, terdapat banyak waktu untuk mengembangkan spesifikasi dan detailnya.

Saat antisipasi meningkat untuk kartu grafis seri RTX 50 Nvidia, para penggemar disarankan untuk terus mengikuti perkembangan lebih lanjut dan pengumuman resmi dari perusahaan. Sampai saat itu tiba, komunitas game menantikan lompatan berikutnya dalam teknologi grafis, yang siap untuk mendefinisikan kembali pengalaman bermain game di tahun-tahun mendatang.

Similar Posts

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments