|

Gamer Siap Antisipasi GPU NVIDIA Blackwell RTX 5090 Tahun ini

Peluncuran platform GPU Blackwell generasi berikutnya oleh NVIDIA baru-baru ini di GTC 2024 telah membuat para gamer bersemangat. Namun, di tengah antusiasme tersebut, perusahaan tetap bungkam mengenai GPU konsumen yang berbasis pada teknologi yang sama, sehingga memicu rasa frustrasi di kalangan penggemar game mengenai prioritas perusahaan.

Cek juga: Bocoran Terbaru NVIDIA RTX 50-Series: RTX 5080 Lebih Kenceng Dibanding RTX 4090

Untungnya, leaker ternama @kopite7kimi telah turun tangan untuk mengisi beberapa kesenjangan informasi, menjelaskan dugaan detail penting tentang GPU GB202 yang diperkirakan akan memberi daya pada kartu gaming andalan Blackwell, GeForce RTX 5090.

Menurut @kopite7kimi, GPU GB202 akan menggunakan node pengecoran TSMC 4N yang sama dengan GB100 yang dirancang untuk akselerasi AI dan aplikasi komputasi. Bertentangan dengan beberapa laporan, diklarifikasi bahwa node TSMC 4N berasal dari proses EUV 5nm perusahaan, bukan 4nm.

Gamer Siap Antisipasi GPU NVIDIA Blackwell RTX 5090 Tahun ini

Selain itu, laporan menunjukkan bahwa node baru ini akan menawarkan peningkatan kepadatan transistor yang signifikan dibandingkan dengan node 4NP mainstream TSMC. Dengan peningkatan kepadatan transistor sebesar 30% dibandingkan node 4NP, ada spekulasi bahwa Blackwell memanfaatkan varian node 5nm TSMC, mirip dengan Ada.

Dalam pengungkapan yang menarik, @kopite7kimi mengisyaratkan upaya NVIDIA untuk meningkatkan kinerja GPU pada level streaming multiprosesor (SM). Disarankan agar GPU gaming andalan GB202 akan menampilkan “peningkatan signifikan” dalam ukuran cache L1 dibandingkan pendahulunya, AD102 dan GA102, yang keduanya memiliki cache L1 128 KB.

Meskipun detail tentang RTX 5090 masih sedikit, kebocoran sebelumnya telah memberikan gambaran sekilas tentang potensi kemampuannya. Laporan menunjukkan kemungkinan peningkatan ke antarmuka memori 512-bit dari antarmuka 384-bit GPU AD102 Ada andalan. Selain itu, rumor menyebutkan RTX 5090 mungkin memiliki memori GDDR7 28Gbps.

Jika kebocoran ini benar, RTX 5090 dapat muncul sebagai GPU berkinerja terbaik, yang berpotensi menjadi tantangan bagi AMD. Namun, rumor ini harus didekati dengan hati-hati karena masih belum terverifikasi. Seri GeForce RTX 50 NVIDIA diperkirakan akan debut pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025, sehingga memberikan ruang untuk pengembangan dan perubahan lebih lanjut.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments