| |

Dual Channel Memori, Maksudnya Apa Sih?

Dual channel memori, maksudnya apa sih ini? suka banyak pertanyaan pastinya, apalagi buat temen-temen yang masih bingung dengan istilah tersebut.

Sebenernya teknologi dual channel itu bakal memberikan manfaat bagi pengguna, apalagi mereka yang sering bekerja pada aplikasi yang butuh akses data cepat. Disini, penggunaan fitur dual channel memori pasti benefitnya bakal terasa.

Cek juga : Makna Label 80 Plus Di PSU Dan Keuntungannya

Jadi, Apa Sih Dual Channel Memory itu?

Sebagaimana fungsi utama RAM yang menyimpan data sementara yang nantinya bakal diakses oleh CPU, kehadiran teknologi dual channel dikatakan akan mempercepat pemrosesan data lebih baik dibanding sistem yang punya single channel. Itu karena dual channel menggunakan dua saluran memori untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga ada tenaga extra untuk memberi kesempatan CPU bisa mengakses data lebih cepat.

Dual Channel memori

Ibarat memiliki dua roda dibanding satu roda dalam kendaraan, menurut kalian mana yang lebih efektif saat mengantar barang ke tempat tujuan misalnya?

Jadi, kehadiran memori dual channel ini dikatakan sebagai teknologi unggulan yang menggunakan dua stik memori yang sama dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan transfer antara memori komputer dan CPU. Dalam mode ini, kedua RAM berkomunikasi secara bersamaan pada saluran terpisah untuk mengoperasikan komputer dan saat menjalankan program, itu bisa secara signifikan lebih cepat.

Nah, dual channel memori itu bisa efektif ketika sepasang memori memiliki fitur yang hampir sama. Seperti kapasitas, kecepatan, dan timing. Inilah mengapa banyak produsen memberikan satu paket produk yang berupa dua tipe RAM yang sama persis.

Tapi Fitur dual channel sebenarnya juga bisa terjadi enggak pada satu merek memori yang sama aja, tapi pengguna juga bisa memakainya dengan dua merk RAM yang berbeda. Hanya saja perlu dicatet itu bisa kompatibel kalau punya kapasitas (jumlah GB), kecepatan, dan latensi yang sama.

Udah bisa dimengerti sejauh ini? semoga ya, meskipun apa yang diungkap belum semuanya sih.

Similar Posts

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments