|

VGA Baru AMD Radeon RX 6500 XT Resmi Udah Tersedia, Layak Buat Upgrade?

Udah ada VGA baru lagi nih, salah satunya dari AMD dengan seri terbaru Radeon RX 6500 XT. Perangkat ini udah tersedia secara global dengan harga MSRP sebesar $ 199 atau sekitar 2.8 jutaan jika dikalkulasikan ke kurs rupiah hari ini, itupun sebelum pajak dan lain-lain.

Jadi, jika harga VGA lagi normal, maka kemungkinan Radeon RX 6500 XT punya nilai sekitar 3 sd 4 jutaan. Pertanyaannya, layak enggak sebagai bahan upgrade? Bisa iya bisa enggak.

Cek juga : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui Tentang Prosesor Desktop Intel 12th Gen

Spesifikasi inti Radeon RX 6500 XT itu sendiri mungkin enggak terlalu besar buat kebutuhan game AAA yang cukup menuntut. Namun AMD mengisyaratkan kalau VGA ini cocok buat gaming eSport di level 1080p ataupun sedikit lebih menuntut.

Hadirnya VRAM sebesar 4GB GDDR6 dengan lebar memori bus 64-bit kayaknya agak kurang tuh buat memberikan performa tinggi buat gaming yang menuntut. Apalagi punya memori bandwith lebih kecil, bahkan dibanding VGA lama sekelas RX 570 atau GTX 1650 GDDR6.

Spesifikasi Radeon RX 6500 XT
Compute Units 16
Boost Frequency Up to 2815 MHz
Game Frequency 2610 MHz
Ray Accelerators 16
ROPs 32
Stream Processors 1024
Texture Units 64
Transistor Count 5.4 B
Typical Board Power (Desktop) 107 W
Minimum PSU Recommendation 400 W
Infinity Cache 16 MB
Memory Speed 18 Gbps
VRAM 4 GB GDDR6
Memory Interface 64-bit
Memory Bandwidth Up to 144 GB/s
Connectivity DisplayPort 1.4a, HDMI™ 2.1 VRR and FRL
Slot Size 2 slots
SEP ($) $ 199

Jadi, kemungkinan besar mungkin kinerja enggak terlalu nendang. Terlebih lagi, beberapa reviewer di luar sana udah mengungkap kepastian performa, dimana rata-rata mungkin AMD mendapat banyak kritikan dengan kehadiran VGA terbaru ini. Meskipun, saya rasa masih ada nilai positif jika pengguna menginginkan nilai efisiensi yang baik plus dukungan fitur canggih seperti dukungan Ray Tracing, AMD FSR dan AMD infinity cache.

Jika melihat harga yang udah ada dipasaran pun, nilainya jauh melebihi harga yang diharapkan. Contoh, seri terendah ada di merk PowerColor dengan harga rata-rata sekitar 4.4 jutaan, sedangkan pilihan yang punya cooling lebih baik berada di opsi 5 sd 6 jutaan.

Konsumen yang punya anggaran ketat bisa cukup kecewa, apalagi jika melihat performa overall yang ditawarkan. Selain itu, mereka juga masih menunggu saingan utama RTX 3050 yang segera hadir di pasaran. NVIDIA bisa lebih diuntungkan ketika melihat spesifikasi, meskipun harganya bisa lebih mahal dengan selisih hingga 1 jutaan.

Kalo menurut saya pribadi sih rekomendasi buat VGA ini pasti ada, jika harganya mendekati MSRP. Tapi, sejumlah reviewer ternama seperti Techspot mengungkap ada kendala lain saat memakai slot PCIe 3.0, seperti bottleneck dan kinerja enggak maksimal. Jadi, kayaknya konsumen perlu memakai PCIe 4.0 biar maksimal, padahal harga mobo dengan opsi ini jauh lebih mahal.

Tapi semoga AMD bisa mengatasi beberapa masalah yang hadir dan harapan kita semua tentu aja harga komponen, khususnya VGA bisa segera selesai.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments