|

EVGA X670E yang Belum Dirilis Dihargai Hingga 21 Juta Lebih

EVGA, nama terkenal di pasar penggila PC hardware, pernah merancang motherboard chipset AMD X670E untuk platform Socket AM5. Sayangnya, ini tidak sampai ke pasar untuk dijual secara umum.

Motherboard yang dimaksudkan adalah  merek Classified yang bergengsi ini, dijuluki X670E Classified. Meskipun tidak pernah dirilis secara umum, prototipe papan ini sangat dicari, dengan harga masing-masing lebih dari $1.300 atau sekitar 21 jutaan lebih dalam lelang.

Cek juga: Cara Memasang RAM Dual Channel Di Empat Slot Memori

Fitur dan Desain

Motherboard X670E Classified dibuat dalam faktor bentuk E-ATX, konsisten dengan sebagian besar seri EVGA Classified. Ini menampilkan CPU VRM yang kuat dan beberapa komponen yang ramah overclocker. Sorotan utama meliputi:

  • Slot memori DDR5 berorientasi teratas: Ini dirancang untuk kinerja optimal dan efisiensi pendinginan.
  • Port I/O yang menghadap ke samping: Termasuk input daya, untuk membantu menjaga pengaturan tetap bersih dan teratur.
  • Tata letak yang rapi: Memfasilitasi solusi pendinginan ekstrem, menjadikannya ideal bagi para antusias yang ingin memaksimalkan sistem mereka.

EVGA X670E yang Belum Dirilis Dihargai Hingga 21 Juta Lebih

Ada empat prototipe yang dimiliki Jiacheng Liu, seorang penggila perangkat keras terkemuka. Masing-masing prototipe ini dijual dan dihargai melebihi $1.300. Namun, prototipe tersebut dijual dalam keadaan telanjang, tidak memiliki heatsink untuk CPU VRM, chipset, dan dua slot M.2 Gen 5 NVMe. Konfigurasi yang tidak lengkap ini kemungkinan besar mempengaruhi harga lelang akhir.

Meskipun desainnya mengesankan, ada tantangan penting yang terkait dengan prototipe ini.  Tidak adanya heatsink untuk komponen penting berarti calon pembeli perlu mencari atau membuat solusi pendinginan mereka sendiri.

Board ini dilengkapi dengan BIOS awal yang hanya mendukung prosesor Ryzen 7000 “Zen 4”, tanpa dukungan resmi untuk seri Ryzen 9000 “Zen 5” yang akan datang atau bahkan seri Ryzen 7000X3D. Hal ini secara signifikan membatasi ketahanan papan ini di masa depan.

Karena prototipe ini tidak didukung oleh EVGA, masalah atau pembaruan apa pun perlu ditangani oleh pengguna sendiri, kemungkinan melalui modifikasi BIOS untuk menggabungkan AGESA terbaru.

Motherboard EVGA X670E Classified mewakili gambaran sekilas yang menggiurkan tentang produk papan atas bagi para penggemar PC dan overclocker. Meskipun prototipe tersebut tidak berhasil diproduksi secara massal, harga lelang yang tinggi mencerminkan tingginya minat dan permintaan terhadap motherboard berkinerja tinggi dan ramah overclocker.

Similar Posts

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments