|

Intel Panther Lake Bakal Meluncur Pertengahan Tahun 2025

CEO Intel, Pat Gelsinger, telah mengonfirmasi bahwa generasi CPU Panther Lake yang sangat dinantikan, yang dibangun pada proses 18A, akan dirilis pada pertengahan tahun 2025. Pengumuman ini disampaikan pada laporan kuartalan Intel pada kuartal pertama tahun 2024, yang memperkuat komitmen perusahaan untuk memajukan integrasi AI dalam prosesornya.

Cek juga: AMD Siap Tingkatkan Kemampuan Ray Tracing Di GPU RDNA 4

Peluncuran Panther Lake akan mengikuti rencana peluncuran prosesor Arrow Lake pada akhir tahun 2024 atau awal tahun 2025. Gelsinger menyoroti bahwa platform Core Ultra saat ini memimpin dalam kinerja AI dan memproyeksikan peningkatan substansial dengan CPU Lunar Lake dan Arrow Lake yang akan datang, yang dijadwalkan untuk dirilis akhir tahun ini. Penambahan baru ini diharapkan dapat melipatgandakan kemampuan kinerja AI, sehingga menyiapkan panggung bagi Panther Lake untuk melipatgandakan kinerja ini.

Perkembangan ini merupakan bagian dari evolusi strategis Intel dari arsitektur hibrid—yang memadukan berbagai jenis prosesor—menjadi pendekatan die terpilah. Desain baru ini memisahkan berbagai komponen prosesor untuk meningkatkan kinerja dan fleksibilitas AI. Panther Lake akan menandai generasi ketiga dalam seri Core Ultra Intel, setelah Ultra 100 (Meteor Lake) dan Ultra 200 (Arrow Lake dan Lunar Lake).

Pengumuman Gelsinger tidak hanya menggarisbawahi kemajuan teknologi Intel tetapi juga sejalan dengan strategi rilis berulang perusahaan yang dimulai dengan Alder Lake pada tahun 2021, dilanjutkan dengan Raptor Lake pada tahun 2022, dan mencakup Raptor Lake yang diperbarui tahun lalu untuk menjembatani LGA 1851.

Meskipun peta jalan Intel telah mengalami beberapa perubahan, seperti revisi jadwal peluncuran Arrow Lake, pengembangan Panther Lake yang sesuai jadwal menunjukkan jalur yang kuat menuju penyampaian kemampuan komputasi canggih ini. Kemajuan ini menegaskan inovasi berkelanjutan Intel dalam teknologi AI, yang siap meningkatkan pengalaman komputasi di berbagai platform.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments