| |

Thunderbolt 4 vs USB4: Perbedaan & Persamaannya

Thunderbolt 4 dan USB4 muncul sebagai standar konektivitas terbaik untuk laptop, perlengkapan gaming, dan komputer kelas atas hari ini. Dengan keduanya dilengkapi konektor USB Type-C yang mampu mencapai kecepatan luar biasa hingga 40Gbps, dan mendukung video dan power passthrough, mudah untuk membingungkan keduanya.

Namun, memahami perbedaannya sangat penting ketika membuat keputusan pembelian yang tepat.

Cek juga: Chip Intel Arrow Lake-S Siap Targetkan Laptop Gaming

Thunderbolt 4

Teknologi Thunderbolt, yang awalnya dikembangkan oleh Intel dan Apple, merevolusi konektivitas dengan debutnya di MacBook Pro pada tahun 2011. Teknologi ini mengintegrasikan teknologi DisplayPort dan PCI Express ke dalam satu kabel, menawarkan transfer data berkecepatan tinggi dan kemampuan tampilan. Thunderbolt 2 dan Thunderbolt 3 menyusul, meningkatkan bandwidth hingga 40Gbps dan memperluas kompatibilitas.

Thunderbolt 4 vs USB4: Perbedaan & Persamaannya

Spesifikasi Thunderbolt 4:

  • Bandwidth: Hingga 40Gbps dua arah.
  • Dukungan Perangkat: Memungkinkan koneksi hingga lima perangkat Thunderbolt ke satu PC.
  • Kompatibilitas: Mendukung protokol PCIe, DisplayPort, dan USB4, serta kompatibilitas dengan versi Thunderbolt lama melalui USB-C.

Fitur

Memungkinkan monitor ganda 4K 60Hz atau satu monitor 8K 60Hz, bersamaan dengan pengisian daya perangkat dan penyaluran daya hingga 100W.

Dalam hal keamanan, ini termasuk perlindungan DMA, perlindungan terhadap serangan akses memori langsung.

Thunderbolt 4 unggul dalam keserbagunaan, mendukung tugas berperforma tinggi seperti pengaturan dua monitor, transfer data cepat, dan mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan. Kemampuannya yang kuat menjadikannya ideal untuk lingkungan profesional yang membutuhkan kecepatan dan keandalan.

USB4

Diperkenalkan oleh USB Implementers Forum (USB-IF), USB4 dibangun di atas fondasi protokol Thunderbolt, memastikan kompatibilitas dan kemampuan transfer data berkecepatan tinggi hingga 40Gbps. Ini mempertahankan kompatibilitas dengan USB 3.2 dan versi sebelumnya, menggunakan konektor USB-C.

Thunderbolt 4 vs USB4: Perbedaan & Persamaannya

Spesifikasi USB4:

  • Bandwidth: Hingga 40Gbps, selaras dengan Thunderbolt 4.
  • Output Video: Mendukung DisplayPort 2.0, mampu menghasilkan resolusi video 8K dan 16K pada 60Hz.
  • Pengiriman Daya: Menawarkan pengiriman daya hingga 100W, mirip dengan Thunderbolt 3.
  • Fleksibilitas: Kompatibel dengan USB 3.2 dan USB 2.0, dengan kecepatan tautan bervariasi (20Gbps atau 40Gbps) tergantung pada spesifikasi perangkat.

USB4 menekankan kompatibilitas dan skalabilitas universal, mengakomodasi berbagai perangkat mulai dari opsi ramah anggaran hingga periferal berperforma tinggi seperti GPU eksternal. Ini tidak memiliki dukungan monitor ganda Thunderbolt 4 tetapi mempertahankan kemampuan pengiriman data dan daya yang kuat.

Perbedaan & Pertimbangan Utama

Thunderbolt 4 mewajibkan bandwidth minimum 32Gbps dan penyaluran daya 15W, memastikan kinerja tinggi yang konsisten di seluruh perangkat. USB4, meskipun berkemampuan 40Gbps, dapat bervariasi antara 20Gbps dan 40Gbps tergantung pada spesifikasi perangkat.

Kabel Thunderbolt 4 mendukung kecepatan 40Gbps pada jarak yang lebih jauh (hingga 2 meter), sedangkan kinerja USB4 mungkin menurun melebihi 1 meter, dan berkurang menjadi 20Gbps pada kabel yang lebih panjang.

Memilih Antara Thunderbolt 4 dan USB4

Pilih Thunderbolt 4 jika pengguna memerlukan kinerja maksimal, dukungan monitor ganda, dan fitur keamanan tangguh seperti perlindungan DMA. USB4 menawarkan keserbagunaan dan keterjangkauan, sehingga cocok untuk berbagai perangkat dan pertimbangan anggaran.

Kesimpulan

Meskipun Thunderbolt 4 dan USB4 memiliki kemampuan yang mengesankan, Thunderbolt 4 menonjol karena persyaratan minimumnya yang lebih tinggi, kinerja yang ditingkatkan, dan rangkaian fitur yang komprehensif. USB4, bagaimanapun, menawarkan kompatibilitas luas dan harga yang terjangkau, memenuhi beragam kebutuhan konsumen.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments