|

Rakit PC Ryzen 7000 Bakal Butuh Anggaran Extra Besar, Begini Alasannya!

Merakit PC dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 7000 Series tampaknya sementara ini perlu membutuhkan budget yang sangat besar.

Harga prosesor mungkin masih terlihat normal, namun pilihan komponen utama seperti motherboard seri 600 maupun RAM DDR5 bisa cukup meyakinkan kalau enggak ada opsi budget murah untuk pergi.

Cek juga : RTX 4090 60% Lebih Cepat Dibanding RTX 3090 Ti Di Geekbench

Sebagai contoh, mereka yang ingin mendapatkan motherboard terbaru soket AM5 sementara ini harus menjatuhkan pilihan ke chipset X670 atau X670E (Extreme). Pilihan termurah yang bisa kami temukan sejauh ini untuk jajaran motherboard tersebut ada di angka 4 jutaan.

Rakit PC Ryzen 7000 Bakal

Meskipun bisa diwajarkan mengingat potensi yang melimpah di motherboard kelas atas, entah konektivitas, fitur overclocking maupun dukungan memori yang lebih tinggi, tapi mereka yang punya budget terbatas tentu harus menahan diri sampai setidaknya opsi motherboard B650 atau B650E keluar.

Hanya saja, kami masih ragu kalau jajaran motherboard ini juga bisa punya harga menggiurkan. Setidaknya, ada angka bisa di atas 2 atau 3 jutaan seperti yang terjadi di seri mobo B550.

Rakit PC Ryzen 7000 Bakal

Kemudian ada opsi RAM DDR5 yang wajib menjadi pilihan utama pengguna yang ingin membangun PC berdasarkan prosesor terbaru AMD Ryzen 7000 Series. Meskipun harga DRAM terus mengalami penurunan, pilihannya masih tinggi dibanding RAM DDR4. Kabar baiknya, harga tipe memori ini hingga tahun 2023 bakal terus merosot seiring dengan ketersediaan stok yang melimpah.

Kemudian hal lain yang bisa membawa extra budget adalah dukungan pendinginan untuk prosesor. Kompabilitas mungkin masih bisa memakai Cooler AM4 lama, namun nilai TDP yang besar dan clockspeed tinggi di atas 5 Ghz bakal membutuhkan CPU Cooler paling handal.

Rakit PC Ryzen 7000 Bakal

Sebagai contoh, Ryzen 9 7950X punya nilai TDP hingga 170W, potensi clockspeed mencapai 5.7 Ghz dan membawa kekuatan 16 core yang besar. Mereka yang ingin memanfaatkan potensi kinerja tinggi dengan semua core bisa bekerja diatas 5 Ghz tentu butuh cooler yang sama besarnya, entah AIO minimal 360 atau bahkan Air Cooler yang punya TDP maupun heatsink yang super besar.

Itu setidaknya bisa menunjukan kalau harga juga enggak datang dengan murah. Apalagi jika ingin mendapatkan top-of-the line yang ditawarkan merk tertentu.

Namun begitu, membangun PC berdasarkan prosesor terbaru AMD ini punya banyak benefit. Kinerja bisa sangat superior dan dukungan teknologi juga sangat canggih. Beberapa masalah di awal pasti ada, entah booting yang lama atau kendala seperti bugs dan sebagainya. Tapi itu bisa diwajarkan mengingat platform AM5 benar-benar baru.

Hingga pada akhirnya, mereka yang punya anggaran enggak terbatas, hadirnya CPU Ryzen 7000 bisa menjadi waktu terbaik untuk membeli. Namun buat pasukan kere hore, siap-siap aja untuk menunggu atau membangun pilihan CPU lama generasi sebelumnya.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments