|

AMD Hadapi Tantangan Di Survei Steam Terbaru: NVIDIA Dominasi Pasar GPU

Hasil survei Steam terbaru telah tiba, memberikan gambaran tentang berlanjutnya dominasi NVIDIA di pasar GPU, tantangan bagi AMD, dan pergeseran tren dalam penggunaan sistem operasi.

GPU Nvidia kelas menengah hingga atas yang lebih baru memiliki kinerja yang baik di bulan Maret, dengan varian seri RTX 3060/70 dan RTX 4060/70 menempati tujuh dari delapan tempat teratas dalam grafik GPU dengan kinerja terbaik. RTX 3060 muncul sebagai pilihan utama di antara peserta survei, sedangkan RTX 4080 dan 4090 mengalami pertumbuhan yang datar atau negatif. Sebaliknya, RTX 2070 dan 2080 yang lebih lama mengalami beberapa peningkatan.

Cek juga: Qualcomm Snapdragon X Elite: Game-Changer di Pasar Laptop

Dalam hal popularitas, RTX 3060 mempertahankan posisinya sebagai GPU terpopuler, dengan peningkatan pangsa pengguna sebesar 0,75%. Peserta survei menunjukkan preferensi terhadap kartu seri 3000 dan 4000 yang lebih baru, yang mencerminkan keunggulan model ini dibandingkan dengan GPU lama.

AMD Hadapi Tantangan Di Survei Steam Terbaru: NVIDIA Dominasi Pasar GPU

Perjuangan AMD bersaing dengan Nvidia terlihat dari hasil survei. Radeon RX 580 muncul sebagai kartu grafis khusus dengan peringkat tertinggi dari perusahaan, sementara GPU RDNA 3 andalannya, Radeon RX 7900 XTX, tertinggal di belakang Nvidia RTX 4080 dan 4090 dalam hal pangsa pengguna.

Di sisi CPU, AMD juga menghadapi tantangan dengan mengalami penurunan pangsa pengguna selama dua bulan berturut-turut. Meskipun mencapai pangsa pengguna tertinggi pada bulan Januari, pangsa AMD turun menjadi 31,22%, sementara Intel terus mendekati dominasi historisnya di pasar CPU.

Dari segi sistem operasi, Windows 10 mengalami sedikit peningkatan pangsa pengguna selama dua bulan berturut-turut, mencapai 54,4%, sedangkan Windows 11 mengalami sedikit penurunan menjadi 41,6%. Pergeseran ini mengikuti keputusan Valve untuk menghentikan dukungan untuk Windows 7, 8, dan 8.1 pada bulan Januari, meskipun versi 7 dan 8 masih bertahan. Selain itu, penggunaan Linux di kalangan peserta survei meningkat hingga hampir 2%, dengan bahasa Mandarin Sederhana muncul sebagai bahasa paling populer dengan selisih yang tipis.

Temuan penting lainnya dari survei ini mencakup 8GB sebagai jumlah VRAM yang paling umum, 16GB sebagai jumlah RAM yang paling populer, dan 1080p sebagai resolusi monitor yang paling umum. Sebagian besar peserta melaporkan memiliki enam CPU fisik dan ruang drive kosong antara 100GB hingga 249GB.

Meskipun hasil survei menyoroti dominasi NVIDIA yang berkelanjutan dan tantangan AMD, sifat dinamis dari lanskap teknologi menunjukkan bahwa pergeseran pangsa pasar dan tren di masa depan tidak dapat dihindari. Seiring berkembangnya industri, akan menarik untuk melihat bagaimana perusahaan beradaptasi terhadap perubahan preferensi konsumen dan dinamika pasar.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments