|

TDP AMD Ryzen 7 9700X Dikabarkan Naik Hingga 120W

Prosesor seri AMD “Granite Ridge” Ryzen 9000 yang akan datang telah menghasilkan gebrakan yang signifikan, menjanjikan kemajuan dalam kinerja dan efisiensi dengan mikroarsitektur “Zen 5” mereka. Namun, laporan terbaru menunjukkan bahwa AMD mungkin sedang mempertimbangkan penyesuaian strategis pada salah satu model utamanya, Ryzen 7 9700X, bahkan sebelum peluncuran resminya.

Cek juga” Thunderbolt 4 vs USB4: Perbedaan & Persamaannya

Ryzen 7 9700X, yang awalnya memiliki Thermal Design Power (TDP) 65 W, kini sedang dalam pengawasan karena potensi peningkatan TDP menjadi 120 W. Penyesuaian ini bertujuan untuk meningkatkan peningkatan frekuensi tempat tinggal dan kinerja gaming secara keseluruhan, memposisikannya lebih kompetitif dibandingkan rekan AMD Ryzen 7 7800X3D.

Penerapan perubahan tersebut di tengah proses menimbulkan tantangan logistik, terutama terkait dengan pengolah yang sudah ada dalam rantai pasokan dengan TDP awal sebesar 65 W.

Untuk mengatasi hal ini, AMD dapat memanfaatkan pembaruan BIOS motherboard. Pembaruan ini dapat secara dinamis menyesuaikan nilai TDP dan Package Power Tracing (PPT), sehingga secara efektif mengoptimalkan kinerja tanpa memerlukan modifikasi fisik pada prosesor yang ada.

Keputusan ini menggarisbawahi komitmen AMD untuk menyempurnakan penawaran produknya sebagai respons terhadap dinamika pasar dan tekanan persaingan. Dengan meningkatkan spesifikasi Ryzen 7 9700X, AMD bertujuan untuk memenuhi atau melampaui ekspektasi kinerja, khususnya dalam skenario game di mana peningkatan frekuensi dan kinerja berkelanjutan merupakan metrik yang sangat penting.

Ke depan, para penggemar AMD dapat mengharapkan inovasi berkelanjutan di seluruh jajaran seri Ryzen 9000. Meskipun Ryzen 7 9700X berfungsi sebagai titik fokus untuk penyesuaian, seluruh seri mendapat manfaat dari optimalisasi dan kemajuan berkelanjutan dalam teknologi prosesor.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments