| |

Apakah Memori DDR5 Layak Dibeli? Berikut Penjelasan Singkatnya

Jika kalian berada di dunia komputasi performa tinggi, khususnya dengan hadirnya Intel Core Generasi ke-12/13 (Alder Lake/Raptor Lake) atau AMD Seri Ryzen 6000/7000 (Rembrandt/Raphael), memori DDR5 mungkin bisa menjadi terobosan baru untuk sistem paling handal.

Berikut beberapa alasan kuat mengapa DDR5 merupakan investasi berharga untuk platform mutakhir jangka panjang berikutnya.

Cek juga : Update Terbaru Gim Starfield Kini Dukung NVIDIA DLSS

Performa CPU Maksimal

DDR5 bisa memastikan bahwa sistem tidak membiarkan kinerja CPU apa pun belum dimanfaatkan. contoh memori DDR5-4800 CL40. Modul RAM ini tidak hanya menawarkan kecepatan 1,5 kali lebih cepat; tapi juga bisa memberikan bandwidth sistem 1,87 kali lebih banyak dibandingkan dengan DDR4-3200 CL22.

DDR5-5600 CL46 terbaru mengambil langkah lebih jauh, memberikan kecepatan 1,75 kali lebih cepat dan menggandakan bandwidth sistem dibandingkan DDR4. Bahkan pada kecepatan DDR4, DDR5-3200 secara teoritis menawarkan bandwidth sistem 1,36 kali lebih banyak. Efisiensi DDR5 dalam menyalurkan bandwidth memori selaras dengan tuntutan CPU generasi berikutnya.

Investasi Masa Depan

DDR5 mungkin juga lebih masuk akal secara finansial jika diadopsi sejak awal. CPU Intel Core Generasi ke-12 mendukung teknologi memori DDR4 atau DDR5. Memilih satu teknologi dibandingkan teknologi lainnya memerlukan desain motherboard tertentu, sehingga memori DDR4 tidak kompatibel dengan motherboard DDR5 dan sebaliknya.

Memilih DDR4 untuk pengaturan awal dan kemudian memutuskan untuk beralih ke DDR5 memerlukan penggantian motherboard atau laptop. Oleh karena itu, mengadopsi teknologi memori DDR5 sejak awal dapat menjadi langkah finansial yang lebih cerdas, sehingga menghilangkan kebutuhan pengeluaran tambahan untuk motherboard atau laptop DDR5 baru.

Kompatibilitas Memori

Tahu enggak bahwa dalam teknologi memori yang sama (DDR4/DDR5), memori berkecepatan lebih tinggi dapat melakukan downclock ketika spesifikasi sistem hanya untuk mendukung tingkat kecepatan lebih rendah? Misalnya, memori DDR5 5200MT/s dapat di-downclock jika spesifikasi sistem hanya mendukung DDR5 4800MT/s. Demikian pula, memori DDR5 5600MT/s dapat di-downclock jika spesifikasi sistem hanya mendukung DDR5 5200 atau 4800MT/s.

Kesimpulannya, jika menginginkan lingkungan komputasi berkinerja tinggi, DDR5 merupakan pilihan terbaik. Dengan hadirnya DDR5 yang semakin terjangkau dari waktu ke waktu, sekarang mungkin saat yang tepat untuk meningkatkan kinerja sistem ke tingkat yang lebih tinggi.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments