|

Intel Raptor Lake Refresh Kabarnya Bakal Segera Mendarat Bulan Oktober 2023

Prosesor terbaru Intel generasi berikutnya kini menjadi topik hangat dan menjadi pembicaraan besar di berbagai kalangan komunitas. Betapa tidak, tim biru sedang menyiapkan seri Raptor Lake Refresh sebagai bagian dari generasi ke-14 segmen desktop.

Yang menarik, Intel baru-baru ini menurunkan kemasan premium pada Core i9-13900K dan Core i9-13900KS. Ini mungkin tidak terdengar seperti langkah yang signifikan, tetapi Intel biasanya melakukannya ketika hampir meluncurkan seri prosesor baru.

Cek juga : RTX 4060 Non Ti Segera Hadir 29 Juni, Harga Mulai Dari 4.4 Jutaan

Menurut ECSM (via Tom’shardware), Intel akan merilis Raptor Lake Refresh dalam dua gelombang. Seperti biasa, SKU seri-K akan tiba lebih dulu, dan pembocor mengklaim bahwa semua hal tersebut akan tersedia pada bulan Oktober. Sementara itu, non-K-series kemungkinan akan diluncurkan antara November dan Desember, bertepatan dengan liburan.

Release Date
Raptor Lake Refresh K series October 2023
Raptor Lake Refresh non-K series November – December 2023
Sapphire Rapids Refresh Early 2024
Meteor Lake Q4 2024
Arrow Lake Q4 2024 – Q1 2025

*tanggal masih belum dipastikan

Seri Raptor Lake Refresh tidak akan datang dengan peningkatan kinerja yang substansial seperti penyegaran apa pun. Yang pasti, clockspeed akan lebih tinggi, tentu saja, dan disisi lain ada desas-desus bahwa chip yang disegarkan mungkin memiliki pengontrol memori terintegrasi (IMC) yang lebih baik.

Namun, menurut pembocor, ia percaya bahwa Intel tampaknya akan memperkenalkan SKU baru dengan konfigurasi 8P + 12E yang secara efektif akan ditempatkan di antara Core i7 (8P + 8E) dan Core i9 (8P + 16E).

Hanya saja, Raptor Lake Refresh tidak akan menghadirkan chipset atau soket baru. Chip akan dimasukkan dengan baik ke motherboard LGA1700 terlepas dari apakah mereka menggunakan chipset seri 600 atau 700.

ECSM menegaskan bahwa pembatalan desktop Meteor Lake tetap tidak berubah. Prosesor 7nm akan tetap eksklusif untuk mobile.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] Cek juga : Intel Raptor Lake Refresh Kabarnya Bakal Segera Mendarat Bulan Oktober 2023 […]