| |

Istilah GPU Sama Kartu Grafis, Apa Sih Bedanya?

Apa sih GPU itu? Trus bedanya apa sama istilah kartu grafis itu sendiri? Terkadang dua istilah ini mungkin pada dasarnya sama tapi sebenernya bisa beda.

GPU itu mengacu pada graphics processing unit, yang berarti bagian chip internal layaknya prosesor. Teorinya itu dirancang untuk memanipulasi dan mengubah memori agar bisa mempercepat pembuatan gambar dalam frame buffer yang ditampilkan ke monitor.

Bagian GPU yang tertanam di motherboard IBM PS/55 (via Wikipedia)

Nah, beda halnya dengan istilah kartu grafis. Ini boleh dibilang sebagai unit keseluruhan dari perangkat itu sendiri, didalamnya terdapat bagian-bagian penting untuk memproses gambar yang bisa ditampilkan pada monitor. Seperti bagian output, GPU untuk memproses komputasi grafis, pendingin dan sebagainya.

Biasanya kartu grafis itu dikatakan sebagai bagian external karena memiliki slot ekspansi khusus untuk bisa dipasang secara terpisah. Beda sama GPU yang tertanam, ini perlu komponen yang selalu terikat seperti halnya kita lihat dalam grafis yang terintegrasi di laptop, konsol atau bahkan CPU.

kartu grafis Voodoo3 2000 AGP (via Wikipedia)

Istilah GPU sendiri lebih awal datang dibanding kartu grafis, dimana pertama kali ditemukan pada tahun 1970-an. Untuk kartu grafis, ini bisa disebut sebagai bagian modern yang membawa GPU dalam satu perangkat terpisah, dimana pertama kali hadir pada tahun 1982. Dulu, produsen yang pertama kali memperkenalkan itu 3dfx Interactive dengan seri populer Voodoo.

Sekarang, merk kartu grafis dikuasai oleh dua produsen utama, antara AMD dan NVIDIA. Intel sendiri tidak lama lagi juga akan bergerak dalam pasar external grafis, dimana biasanya produsen yang satu ini lebih memilih opsi integrated GPU dibanding dedicated.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments