|

Kinerja AI Ryzen 7 8700G Meningkat Drastis Dengan Overclocking Memori DDR5

Penggemar overclocking telah mulai mengeksplorasi kemampuan prosesor Zen 4 terbaru AMD, Ryzen 7 8700G, dan pengujian awal menunjukkan hasil yang menjanjikan, terutama bila dipasangkan dengan memori DDR5 yang cepat. APU ini yang dilengkapi dengan GPU Radeon 700M terintegrasi yang kuat, menunjukkan peningkatan tingkat kinerja dalam aplikasi intensif memori, seperti AI.

Cek juga : Seasonic Perkenalkan PSU Terbaru Vertex Sakura Limited-Edition

Ryzen 7 8700G, yang terkenal dengan kehebatan grafis terintegrasinya dalam game Full HD, telah mengalami eksperimen overclocking, yang menunjukkan potensinya dengan peningkatan DDR5. Overclocker “safedisk” di forum Overclock.net berbagi pengalaman mereka, mencapai hasil yang mengesankan dengan melakukan overclock modul memori DDR5-7800 C36 sebesar 15 persen menjadi DDR5-9000. Pengaturan waktu ditingkatkan, dan tegangan DRAM dinaikkan menjadi 1,65V.

Mempertahankan frekuensi FCLK pada 2.500 MHz, safedisk melaporkan pengoperasian bebas kesalahan dan hasil benchmark yang patut dipuji. Menggunakan tolok ukur memori AIDA64, overclocker mencapai kinerja baca, tulis, dan salin masing-masing sebesar 79 GB/s, 126 GB/s, dan 105 GB/s, dengan latensi 52,2 ns.

Kinerja AI Ryzen 7 8700G

Perlu dicatat bahwa seri APU Ryzen 8000G secara resmi kompatibel dengan kit memori DDR5-5200, menjadikan pencapaian overclocking safedisk sangat mengesankan dan bergantung pada sampel APU berkualitas tinggi. Sayangnya, tidak ada rincian yang diberikan mengenai tolok ukur atau kasus penggunaan di dunia nyata.

Dalam pengujian lebih lanjut yang dilakukan oleh pengguna lain, skalabilitas kinerja Ryzen 7 8700G dieksplorasi ketika dipasangkan dengan frekuensi RAM sistem yang lebih tinggi. Hasilnya menunjukkan peningkatan sebesar 15 persen pada kinerja GPU terintegrasi APU pada Procyon AI Inference Benchmark UL dan peningkatan sebesar empat persen pada GIMP.

Tolok ukur Procyon mencakup enam model jaringan saraf, yang mengevaluasi kinerja APU dalam tugas-tugas terkait AI. Profil overclocking yang digunakan dalam pengujian ini mencakup pengaturan DDR5-7600 C38.

Dengan harga kisaran 5.8 jutaan, AMD Ryzen 7 8700G APU menawarkan kepada para penggemar overclocking potensi peningkatan kinerja AI, menampilkan keserbagunaan dan kemampuan prosesor Zen 4 ini. Hasil overclocking dapat bervariasi berdasarkan konfigurasi individu dan pengaturan sistem.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments