|

NVIDIA GeForce RTX 4090 D “Dragon” Edition: Navigasi Regulasi Ekspor Pasar Tiongkok

Sebagai langkah strategis untuk mematuhi peraturan ekspor dan secara khusus melayani pasar Tiongkok, NVIDIA akan meluncurkan GeForce RTX 4090 D, yang juga dikenal sebagai edisi “Dragon”. Varian ini dirancang untuk mengabaikan peraturan ekspor AS yang membatasi GPU yang berpotensi digunakan untuk akselerasi AI.

GeForce RTX 4090 D mengambil pendekatan unik dengan membatasi fitur overclocking, sebuah keputusan yang dilaporkan bertujuan untuk menyelaraskan dengan persyaratan peraturan.

Cek juga : Update AMD Fluid Motion Frames: Tingkatkan Performa Gaming Via Driver Terbaru

Fitur dan Perubahan Utama

  • GPU AD102-250: RTX 4090 D dilengkapi GPU AD102-250, yang menonjol karena keterbatasan kemampuan overclockingnya.
  • Overclocking dilaporkan dinonaktifkan baik karena pembatasan firmware atau keterbatasan fisik pada die.
  • Edisi Dragon beroperasi pada frekuensi dasar 2280 MHz, melampaui frekuensi dasar RTX 4090 biasa yaitu 2235 MHz. Frekuensi boostnya sesuai dengan versi reguler di 2520 MHz.
  • Total Graphic Power (TGP) : TGP untuk RTX 4090 D sedikit berkurang menjadi 425 Watt, turun dari 450 Watt pada model standar.

Penyesuaian ini mungkin merupakan langkah strategis untuk mematuhi kebijakan regulasi sekaligus menjaga kinerja optimal.

Sedangkan konfigurasi memori tampaknya tetap sama, menunjukkan bahwa kinerja kemungkinan akan berada dalam kisaran beberapa persen dari desain aslinya.

Kepatuhan Terhadap Peraturan dan Strategi Pasar

RTX 4090 D mengatasi peraturan ekspor AS dengan membatasi fitur yang berpotensi digunakan untuk akselerasi AI, sebuah pertimbangan penting dalam lanskap peraturan saat ini.

Dijadwalkan dirilis pada Januari 2024, RTX 4090 D dirancang khusus untuk pasar Tiongkok, menekankan komitmen NVIDIA untuk memenuhi kebutuhan regional.

Frekuensi dasar yang lebih tinggi pada edisi Dragon mungkin menyarankan penyesuaian strategis, mungkin melibatkan pengurangan inti CUDA untuk mematuhi peraturan ekspor AS.

Kesimpulan

Pengenalan edisi GeForce RTX 4090 D “Dragon” oleh NVIDIA mencerminkan pendekatan proaktif untuk menavigasi peraturan ekspor dan memenuhi kebutuhan unik pasar Tiongkok. Dengan membatasi fitur overclocking secara strategis dan melakukan penyesuaian halus pada TGP dan frekuensi dasar, NVIDIA bertujuan untuk memberikan solusi yang disesuaikan dengan tetap mematuhi kebijakan peraturan.

Saat peluncurannya semakin dekat pada bulan Januari 2024, RTX 4090 D siap menawarkan kepada konsumen Tiongkok opsi GPU yang kuat dalam batasan peraturan perdagangan global yang terus berkembang.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments