|

Samsung Umumkan Modul Memori Terbaru GDDR6W

Samsung baru saja mengumumkan modul memori GDDR6W, varian yang lebih fresh dan dikatakan siap bersaing dengan kecepatan dan bandwith tinggi yang ditawarkan HBM2 (High Bandwidth Memory 2).

Cek juga : NVIDIA Dikabarkan Hentikan Produksi RTX 2060 & GTX 1660

Meskipun seri memori HBM2 mungkin tidak kembali lagi hadir, seperti yang dulu pernah ditawarkan di seri Radeon Fury dan Vega, namun kehadiran GDDR6W benar-benar akan membawa sebagian manfaat HBM2 ke platform GDDR6 yang sudah sukses, terutama dari sisi peningkatan bandwidth.

Samsung Umumkan Modul Memori Terbaru GDDR6W

Samsung mengungkap tipe memori terbaru ini bisa menjadi pengubah permainan di GPU masa depan. Alasannya adalah realitas virtual dan aplikasi “Metaverse”. Namun, tidak ada alasan bahwa GDDR6W tidak akan memberikan manfaat bagi kartu grafis diskrit masa depan secara umum.

Samsung memulai dengan mengambil platform GDDR6 yang ada dan mengimplementasikan apa yang disebutnya “Fan-Out-Wafer-Level Packaging” (FOWLP). Alih-alih menempatkan memori mati pada PCB, mereka dipasang langsung ke wafer silikon. Lapisan redistribusi memungkinkan “pola kabel yang lebih halus”, dan karena tidak ada PCB yang terlibat, modul akan lebih tipis secara keseluruhan dan memiliki dispersi panas yang lebih baik.

Modul memori ditumpuk ganda, dimana menurut catatan Samsung dapat memungkinkan kapasitas dua kali lipat dan menggandakan bandwidth memori. Batas memori adalah 24 GB per die untuk GDDR6 standar, sehingga platform baru secara teoritis dapat mendukung 48 GB pada satu kartu grafis.

Perubahan pada penempatan modul dan ukuran cetakan keseluruhan ini menghasilkan GDDR6W 36% lebih pendek daripada mitra GDDR6-nya. Karena footprint yang tidak berubah, modul ini dapat “dimasukkan ke dalam proses produksi yang sama” yang digunakan dalam produk GDDR6 saat ini.

Samsung Umumkan Modul Memori Terbaru GDDR6W

Seperti yang terlihat di gambar, bandwidth GDDR6W hampir sama dengan yang ditemukan pada cetakan HBM2E. Batas bandwidth GDDR6X saat ini sekitar 1 TB per detik, dan GDDR6W secara signifikan meningkatkannya sekitar 400 MB/dtk.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments