|

GPU Intel Arc Butuh Spek Minimum Ryzen 3000 Agar Bekerja Maksimal

Jadi jika kalian berencana akan membeli GPU diskrit terbaru Intel Arc series, syarat utama agar bisa bekerja maksimal adalah fitur ResizableBAR aktif sepenuhnya. Ini menjadi indikasi kalau konsumen membutuhkan sistem terbaru minimal Ryzen 3000 series atau Intel 10th gen.

Intel tidak menyembunyikan fakta ini, perusahaan bahkan sangat menganjurkan tentang masalah bahwa GPU mereka tidak dirancang untuk bekerja dengan sistem yang lebih lama.

Cek juga : Rakit PC Ryzen 7000 Bakal Butuh Anggaran Extra Besar, Begini Alasannya!

Intinya, Intel telah mengkonfirmasi bahwa Intel Arc A-Series bakal butuh fitur ResizableBAR untuk bekerja. Sistem apa pun yang tidak mendukung teknologi ini akan mengalami penurunan kinerja yang signifikan – ini telah dikonfirmasi dengan ulasan Arc A380.

Itu berarti bahwa Arc GPU akan membutuhkan CPU yang relatif modern. Apa pun yang lebih tua dibawah Ryzen 3000 atau Intel 10th Gen Core series tidak dijamin berfungsi dengan baik dengan Arc. Hanya saja, ada beberapa kasus bahwa beberapa sistem lama memang mendukung ReBAR, jadi masih ada kemungkinan itu tidak menjadi masalah.

Intel GPU Arc
Konfigurasi Perangkat Keras yang Didukung Intel Arc A-Series, Sumber: Intel

Selanjutnya, Intel Arc membutuhkan Windows 10 20H2 atau yang lebih baru atau Windows 11, jadi jelas itu tidak akan bekerja dengan Windows 7 (tidak ada driver untuk sistem operasi ini).

Tom Petersen menegaskan Intel tidak berencana untuk mengoptimalkan Arc A-series untuk sistem tanpa ReBAR, sehingga rekomendasi tidak mungkin berubah di masa depan. Ini adalah sesuatu yang perlu diingat ketika memilih GPU Arc daripada produk AMD atau NVIDIA, yang cenderung bekerja tanpa ReBAR dengan baik.

Btw, GPU Intel Arc A7 entah A770 atau A750 siap diluncurkan minggu depan pada 12 Oktober.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments