|

Seagate Hadirkan Storage Berteknologi HAMR pada Hard Drive Mozaic 3+

Seagate telah meluncurkan platform Mozaic 3+ yang inovatif, menandai lompatan maju yang besar dalam teknologi hard disk drive dengan diperkenalkannya Heat-assisted Magnetic Recording (HAMR).

Inovasi ini tidak hanya menunjukkan kepemimpinan Seagate dalam teknologi penyimpanan namun juga menjawab kebutuhan industri yang terus berkembang di tengah meningkatnya permintaan data yang didorong oleh kemajuan AI dan teknologi lainnya.

Cek juga: AOC Umumkan Monitor Seri Graphic Pro U3, Dirancang untuk Profesional

Teknologi HAMR: Pengubah Permainan

Teknologi HAMR merupakan perubahan signifikan dari Perpendicular Magnetic Recording (PMR) tradisional yang digunakan pada hard drive. Dengan menggunakan laser untuk memanaskan lapisan perekam, HAMR memungkinkan kepadatan data yang lebih tinggi dengan memungkinkan bit yang lebih kecil untuk ditulis dan dibaca dengan andal. Platform Mozaic 3+ Seagate, yang memanfaatkan teknologi ini, saat ini menawarkan hard drive 30 TB dengan rencana untuk diperluas hingga 50 TB dalam waktu dekat.

Seagate Hadirkan Storage Berteknologi HAMR pada Hard Drive Mozaic 3+

Meskipun terdapat lompatan inovatif, Seagate menghadapi skeptisisme industri mengenai keandalan dan integrasi teknologi HAMR. Sebagai tanggapannya, Seagate telah memulai pengujian ekstensif dan program umpan balik pelanggan, yang menunjukkan bahwa hard disk Mozaic 3+ dapat diandalkan—jika tidak lebih—dibandingkan HDD yang ada. Dengan rata-rata waktu antara kegagalan (MTBF) sebesar 2,5 juta jam, hard disk ini memenuhi standar keandalan tinggi yang ditetapkan oleh hard disk PMR tingkat perusahaan terbaru.

Pengujian Ketat Mengonfirmasi Daya Tahan

Seagate telah menguji lebih dari 500.000 hard disk Mozaic 3+ dan menjalani penilaian ketahanan yang ketat. Hasilnya cukup menjanjikan, dengan ribuan kepala baca/tulis yang andal mentransfer data selama lebih dari 6.000 jam, setara dengan 3,2 petabyte per kepala. Kinerja ini jauh melampaui hard drive nearline pada umumnya, dengan uji tekanan di lapangan menunjukkan potensi masa pakai lebih dari tujuh tahun, jauh di atas standar industri.

Hard drive Mozaic 3+ dirancang untuk berintegrasi secara mulus ke dalam ekosistem pusat data yang ada, menggunakan protokol dan antarmuka HDD standar. Kemudahan integrasi ini, dipadukan dengan peningkatan kapasitas dan daya tahan, menempatkan Seagate dalam memenuhi lonjakan permintaan global akan solusi penyimpanan berkapasitas tinggi dan andal.

Dengan investasi melebihi $2 miliar dalam pengembangan teknologi HAMR dan platform Mozaic 3+, Seagate tidak hanya berinovasi untuk masa kini namun juga menetapkan langkah untuk masa depan teknologi penyimpanan. Ketika dunia semakin didorong oleh data, kemampuan untuk menyimpan lebih banyak data dalam ruang fisik yang lebih sedikit, dengan keandalan dan efisiensi yang lebih besar, akan menjadi hal yang sangat penting.

Peluncuran platform Mozaic 3+ oleh Seagate dapat mendefinisikan ulang standar penyimpanan di seluruh industri, menjadikan hard disk berkapasitas tinggi lebih mudah diakses dan diandalkan. Seiring dengan meningkatnya kebutuhan penyimpanan data, didorong oleh perkembangan AI dan konten digital, teknologi HAMR Seagate siap memainkan peran penting dalam evolusi solusi penyimpanan, dan menjanjikan dampak signifikan pada lanskap pusat data dan seterusnya.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments