|

Western Digital Luncurkan Portabel HDD My Passport Ultra 6TB

Western Digital telah memperkenalkan pembaruan signifikan pada jajaran My Passport Ultra, meluncurkan hard disk drive (HDD) portabel 6 TB yang baru. Model-model terbaru ini menandai peningkatan besar pertama dalam beberapa tahun terakhir pada jajaran HDD 2,5 inci perusahaan, yang mendorong batas-batas kapasitas penyimpanan portabel.

Cek juga: Harga Premium GPU AI Blackwell NVIDIA Bisa Lebih Dari 1 Milyar

Dengan peluncuran model 6TB, Western Digital kini menawarkan HDD portabel berkapasitas tertinggi yang tersedia di pasar. Lompatan dalam kapasitas penyimpanan ini merupakan peningkatan substansial dari maksimum sebelumnya sebesar 5TB, yang telah menjadi standar sejak tahun 2017.

Hard disk 6TB baru ini tersedia dalam tujuh varian, yang melayani spektrum pengguna yang luas:

  • My Passport
  • My Passport Ultra
  • My Passport for Mac
  • My Passport Ultra for Mac
  • USB-C My Passport
  • WD_Black P10 Game Drive
  • G-Drive ArmorATD

Varian-varian ini memiliki spesifikasi inti yang serupa, dengan sedikit perbedaan dalam konektivitas dan kompatibilitas untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Opsi Konektivitas

Edisi Ultra, dengan harga lebih mahal dibandingkan model standar, hadir dengan konektivitas USB-C dan menyertakan kabel USB-C dua arah. Meskipun edisi Mac dilengkapi adaptor USB-C, kabelnya adalah USB-A.

Meskipun tidak diberi label khusus untuk Mac, semua model dapat mendukung macOS, dan model khusus Windows memerlukan pemformatan ulang agar kompatibel dengan Mac. Sebaliknya, edisi Mac dapat beroperasi di Windows dengan instalasi driver HFS+.

Edisi USB-C, diberi merek ” Works with USB-C “, diformat ke exFAT dan langsung mendukung macOS, Windows, dan Chrome OS, menawarkan kompatibilitas dan kenyamanan yang luas.

Drive Game Khusus

WD_Black P10 Game Drive dirancang untuk penggemar game, mendukung berbagai perangkat termasuk konsol Windows, macOS, PlayStation 4, PlayStation 5, Xbox One, dan Xbox Series.

Meskipun game PS4 dan Xbox One dapat dijalankan langsung dari drive, judul PS5 dan Xbox Series dibatasi penyimpanannya. Dengan game modern yang berukuran rata-rata sekitar 100GB, kapasitas 6TB menyediakan ruang yang cukup untuk mengelola dan mentransfer perpustakaan game besar secara efisien.

Daya Tahan & Performa Kelas

SanDisk Professional G-Drive ArmorATD menonjol dengan desainnya yang kokoh, kompatibilitas Thunderbolt 3, dan harga premium seharga kisaran 3.6 jutaan. Ini mencakup kabel USB-C dan USB-C ke USB-A dua arah, mendukung macOS secara asli, dan memerlukan pemformatan ulang untuk Windows.

Semua model 6TB memberikan kinerja yang konsisten dengan kecepatan baca sekuensial sekitar 130MB/dtk dan kecepatan transfer 5Gb/dtk, memastikan penanganan data yang andal dan cepat.

Harga dan Ketersediaan

Berikut rincian harga untuk model HDD portabel 6 TB yang baru:

  • My Passport dan My Passport for Mac: $184,99 (kisaran 2.9 jutaan)
  • USB-C My Passport dan Game Drive WD_Black P10: $189,99 (kisaran 3 jutaan)
  • Edisi My Passport Ultra: $204,99 (kisaran 3.2 jutaan)
  • Armor G-Drive Profesional SanDiskATD: $229,99 (sekitar 3.6 jutaan)

Bagi pengguna yang membutuhkan lebih sedikit penyimpanan, drive ini juga tersedia dalam varian 1TB, 2TB, 4TB, dan 5TB.

Similar Posts

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments